Sambas post authorKiwi 11 Oktober 2022

Fasilitas Kartu Tani Mesti Rampung Januari 2023

Photo of Fasilitas Kartu Tani Mesti Rampung Januari 2023 Petani di Sambas menggelar demonstrasi terkait tidak berfungisnya Kartu Tani di halaman Kantor DPRD Sambas, beberapa waktu lalu.

SAMBAS, SP - Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Bagus Setiadi mengatakan, penundaan penggunaan Kartu Tani bagi petani menjadi solusi yang tepat.

"Kita bersyukur pemerintah pusat mau mendengarkan keluhan petani dari berbagai daerah termasuk Kabupaten Sambas, sehingga penggunaan Kartu Tani bisa ditunda terlebih dahulu sampai semuanya rampung dan siap," katanya, Senin (10/10).

Sebagaimana diketahui, Bagus Setiadi sebelumnya telah mewanti-wanti bahwa para petani di Sambas kesulitan menggunakan Kartu Tani. Hal tersebut dikarenakan belum siapnya penggunaan mesin EDC milik bank penyedia layanan Kartu Tani.

Hal tersebut membuat para petani kelabakan karena mereka tak bisa menebus pupuk bersubsidi yang ada di kios-kios. Padahal saat ini sudah memasuki musim tanam gadu dan petani memerlukan pupuk bersubsidi tepat waktu.

"Pihak distributor kita ketahui sebelumnya telah melakukan pertemuan setelah kita sampaikan kendala di lapangan saat Rapat Paripurna di DPRD Sambas, sehingga muncul kesamaan sikap yakni penggunaan Kartu Tani di Sambas khususnya belum bisa diterapkan," paparnya.

Legislator PKB tersebut mengingatkan agar pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan penggunaan Kartu Tani nantinya harus sudah menyiapkan segalanya dengan baik, sehingga pada Januari 2023, aplikasi Kartu Tani bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa kendala apapun.

"Tanggung jawab pemerintah daerah yakni mendorong agar pihak bank yang ditunjuk sebagai provider penggunaan Kartu Tani telah merampungkan tugasnya dengan baik, karena bagaimanapun penggunanya kelak adalah petani Kabupaten Sambas," katanya.

"Kemudian pihak bank sebelum memasuki tahun 2023 telah menyelesaikan penyerahan seluruh Kartu Tani dan merampungkan seluruh fasilitas yang diperlukan untuk penggunaan Kartu Tani," pungkasnya. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda