Sambas post authorelgiants 12 Januari 2023

Perluas Pemasaran Produk, Mahasiswa KKM FISIP UNTAN Dorong UMKM Dodol Si-Jank Tembus Pasar Ekspor

Photo of Perluas Pemasaran Produk, Mahasiswa KKM FISIP UNTAN Dorong UMKM Dodol Si-Jank Tembus Pasar Ekspor Mahasiswa KKM 07 Desa Sinjang mendukung dan mempromosikan produk Dodol Si-Jank secara digital

SAMBAS, SP- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, dengan membantu pelaku UMKM Dodol Si-Jank dalam memasarkan produk secara online dengan memanfaat platform onlineshop yang ada.

Kepala Desa Sijang, Kabupaten Sambas, Rusdin mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor oleh – oleh dodol di Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas untuk dapat menembus pasar ekspor. Salah satunya dengan memanfaatkan pasar digital.


“Saat ini, terdapat satu produk UMKM yang dikembangkan oleh kelompok wanita tani “Pinus” Desa Sijang. Dodol ini berupa produk olahan dari bahan dasar nanas. Produk dodol ini memang sudah diekspor ke negara Malaysia, yang merupakan negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Barat. Sehingga dalam pemasarannya terus kita dorong setiap tahunnya.” Ujar Rusdin, saat dikunjungi di Kantor Desa Sijang, Jum’at (6/01).

UMKM Dodol Si-Jank merupakan salah satu UMKM yang menjual oleh – oleh khas Kabupaten Sambas yang sudah beroperasi cukup lama, yakni 5 tahun. Diharapkan, Dodol Si-Jank mampu mengikuti perkembangan di era digital, sehingga bisa naik kelas dan tembus pasar ekspor.

“Pemasaran melalui media digital bisa meningkatkan pangsa pasar serta omset pesanan, sehingga dalam proses penjualan ini tidak butuh biaya yang besar,” terang Rusdin.

Untuk mendukung ini, Rusdin mengaku, Pemerintah Kabupaten Sambas terus mendorong dinas terkait untuk terus memberikan pelatihan digital khususnya di sentra UMKM yang ada di Kabupaten Sambas.

Dengan adanya Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang dilaksanakan oleh FISIP UNTAN Pontianak, diwilayah Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten, Sambas diharapkan dapat membatu pelaku UMKM dalam memasarkan produk Dodol Si-Jank secara digital serta memberikan edukasi kepada pelaku usaha dalam memnfaatkan digitalisasi sebagai sarana memasarkan produk.

Ketua kelompok KKM 07 Desa Sijang, Ailulloh mengungkapkan “Salah satu program kerja unggulan KKM 07 FISIP UNTAN adalah membantu konsep pemasaran produk lokal yang dikembangkan oleh UMKM desa Sijang. Sehingga fokus utama yaitu dapat meningkatkan omset pesanan dodol si-Jank selama satu bulan kedepan” (Siti/ws)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda