Sambas post authorKiwi 13 Oktober 2021

Warga Sambas Nominasi Kader Keamanan Pangan Nasional

Photo of Warga Sambas Nominasi Kader Keamanan Pangan Nasional MEETING ZOOM - Jamhari warga desa Tebas Kuala kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, dipercaya mewakili Kalbar sebagai nominator Kader Keamanan Pangan Desa Tingkat Nasional. SUARA PEMRED/NURHADI

SAMBAS, SP- Jamhari warga desa Tebas Kuala kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, dipercaya mewakili Kalbar sebagai nominator Kader Keamanan Pangan Desa Tingkat Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM tahun 2021.

Kepala Desa Tebas Kuala, Hemi Susanto mengatakan, sebagai tindak lanjut nominasi tersebut, tim juri dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat di Jakarta telah melakukan tes pengetahuan umum kader, tes sikap, tes perilaku dan inovasi yang dilakukan kader, pada Jumat (8/10) melalui aplikasi zoom meeting.

"Sebelumnya BPOM Pontianak memberikan rekomendasi kepada Desa Tebas Kuala, untuk mengikuti pelaksanaan pemberian penghargaan kader keamanan pangan desa terbaik tingkat nasional melalui surat BPOM pusat tanggal 14/09/2021," ujar Hemi Susanto.

Dengan seleksi administrasi yang ketat sebutnya, berupa data dukung, kemudian wawancara sebagai syarat peserta.

"Dan Alhamdulillah mendapat kabar via WhatsApp, jika saudara Jamhari, kader desa Tebas Kuala pada jumat (8/10) kemarin. Masuk nominasi enam besar kader terbaik tingkat nasional. Dan selanjutnya saudara Jamhari membuat sebuah video berdurasi maksimal 5 menit, berupa video kandidat berisi profil singkat, program dan inovasi. Serta ajakan kepada masyarakat, untuk menerapkan keamanan pangan desa," terang Hemi Susanto.

Hemi menjelaskan setelah pembuatan video kemudian di-upload melalui link youtube, dan disebar ke masyarakat.

"Pada tahapan ini, BPOM Pusat akan menilai sejak 10 hingga 13 Oktober 2021. Seberapa banyak masyarakat yang menonton, like dan subscribe video tersebut tentunya akan menjadi bahan penilaian tambahan dari tim juri," kata Hemi

Hemi berharap, upaya desa Tebas Kuala membuahkan hasil, dengan dukungan semua pihak khusus masyarakat desa Tebas Kuala.

"Juga masyarakat kecamatan Tebas, masyarakat Kabupaten Sambas dan masyarakat Provinsi Kalbar. Semoga Jamhari bisa menjadi juara yang akan di umumkan pada tanggal 14 Oktober 2021 mendatang," kata Hemi.

"Namun demikian, dengan telah masuk 6 nominasi saat ini saja, kami sudah sangat bersyukur," katanya.

Koordinator Substansi Infokom, BPOM Pontianak Marry Oktovina Dameria, S.Si, Apt, MH mengapresiasi dan mendukung penuh upaya yang telah di lakukan Desa Tebas Kuala, dengan telah mewakili Kalbar di tingkat nasional dalam ajang kegiatan ini.

"Mudah-mudahan saudara Jamhari, kader keamanan pangan Desa Tebas Kuala bisa menjadi juara. Tidak hanya sekedar juara, namun bisa diimplementasikan di masyarakat," harapnya. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda