Sambas post authorKiwi 14 September 2022

PT PLD Subah Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla

Photo of PT PLD Subah Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla Foto Bersama Setelah Pelaksanaan Apel Siaga di PT. PLD-Sambas Foto: DOK/HCO Kalbar2

Sambas, SP- PT. Putra Lirik Domas (PLD) wilayah Sambas gelar apel siaga tanggap darurat antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah perusahaan maupun di lingkungan perusahaan, Apel Siaga Cegah Karhutla ini dihadiri antara lain Camat Subah Kapolsek, Danramil, Disbun kab.Sambas, DLH Kab Sambas, Para Kades, tokoh adat, tokoh masyarakat dan karyawan perusahaan dilokasi perkebunan PT. PLD Subah,Kab Sambas, Selasa pagi.

Manajer PT. PLD Sambas, Supriyadi menyampaikan, perusahaan sangat mendukung program pemerintah dalam menjaga lingkungan sekitar dan kegiatan ini sebagai bukti komitmen menjalankan kebijakan manejemen yaitu “Tidak ada pembakaran yang disengaja diperkebunan yang kami kelola” serta secara aktif bersinergi dengan para pihak seperti yang saat ini kami lakukan yaitu dalam upaya bersama-sama melakukan pencegahan karhutla dikabupaten
Upaya sosialisasi dan kolaborasi dengan para pihak kami lakukan terus sehingga bisa bersama-sama mencegah dan mengantisipasi kebakaran lahan tersebut. " Diinternal perusahaan selain sudah memiliki skenario tanggap darurat penanangan kebakaran, kami juga menyiapkan tim patroli api dan tim damkar yang selalu siap siaga untuk mencegah secara dini terjadinya Karhutla,”. tuturnya

"Kami mengucapkan terimakasih, kepada semua instansi yang terlibat dan juga masyarakat sekitar perusahaan atas dukungannya kepada perkebunan PT.PLD sehingga kami dapat melaksanakan apel siaga karhutla dan semoga harapan kami langit biru di bumi Khatulistiwa ini dapat terwujud sesuai harapan kita bersama," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Subah, Iptu Suyatno memberikan pesan pada perusahaan sehingga apa yang latihkan saat apel dapat di aplikasikan saat kejadian. Pihak Kapolsek sendiri juga mengapresiasi langkah dini yang diambil perusahaan terutama komitmennya dalam penanganan dan pencegahan Karhutla di perusahaan dan sekitarnya.
Kapolsek juga meminta, kerjasama yang baik antar perusahaan baik itu dengan pihak kepolisian maupun TNI agar sinergitas terus terjaga, dan terbangun untuk bebas dari karhutla.

Camat Subah, Rita Ahie memberikan apresiasinya kepada pihak perusahaan karena sudah melaksanakan Apel Siaga secara dini dalam penanganan dan pencegahan Karhutla di areal perusahaan dan juga lingkungan sekitar di Subah. Ia meminta perusahaan-perusahan yang berada di sekitar kecamatan subah khususnya benar-benar siap siaga antisipasi mencegah terjadinya karhutla.

"Harus benar-benar di aplikasikan. Kita berusaha mencegah jangan sampai terkecoh apapun perusahaan yang ada di Subah bergandengan tangan dalam antispasi karhutla bersama-sama. Sehingga diharapkan tahun ini tidak ditemukan kasus seperti pada tahun-tahun sebelumnya ," ucap Rita.

"Saling memberikan informasi, saling mengingatkan agar tidak ada karhutla di wilayah kecamatan Subah. Semoga kita semakin bersatu padu dalam mencegah kebakaran baik di pihak Perusahaan maupun pihak luar," timpalnya.

Sebagai informasi dalam apel siaga dilakukan kegiatan simulasi penanganan kebakaran jika sewaktu waktu terjadi, bagaiamana kesiapan alat, Kesiapan tim dan cara pemadaman, Serta dilanjutkan dengan Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan Kebakaran hutan dan lahan. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda