Sambas post authorKiwi 19 Mei 2020

Pemkab Sambas Siapkan Bantuan Sembako Gratis, DPRD: Anggaran Senilai Rp6,03 Miliar Jelang Idul Fitri

Photo of Pemkab Sambas Siapkan Bantuan Sembako Gratis, DPRD: Anggaran Senilai Rp6,03 Miliar Jelang Idul Fitri PERIKSA PAKET – Seorang karyawan tengah memeriksa kembali isi paket bantuan sembako. Di Kabupaten Sambas, pemkab setempat akan menyalurkan bantuan sembako gratis kepada warga yang berhak jelang Idul Fitri.

SAMBAS, SP - Pemerintah Kabupaten Sambas menyiapkan bantuan kebutuhan pokok gratis sebagai bagian dari upaya menyikapi pandemi Covid-19.

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan, bantuan kebutuhan pokok itu berupa beras dan minyak goreng.

"Bantuan ini gratis, bukan seperti operasi pasar murah. Jadi, bantuannya langsung kita serahkan ke penerima manfaat tanpa mengeluarkan biaya," ujar Atbah, kemarin.

Atbah menjelaskan bahwa mekanisme penyaluran bantuan itu dilakukan per kecamatan dan desa. Bantuan akan disalurkan langsung ke penerima sesuai nama dan alamat atau by name and by address sesuai hasil musyawarah desa oleh desa.

"Menghindari kerumunan, pada mekanisme penyalurannya Insyaallah bantuan akan kita salurkan secara langsung ke penerima manfaat atau door to door," tutur Atbah.

Atbah meminta pihak kecamatan dan desa mendukung kelancaran penyaluran bantuan itu. Pemkab telah mengirimkan surat resmi kepada para camat dan kepala desa agar membantu mempermudah penyaluran.

"Kepala desa kita minta memfasilitasi tempat bongkar, pengemasan dan simpan paket bantuan sementara sebelum disalurkan kepada penerima manfaat. Fasilitator yang ditunjuk di desa nantinya berkolaborasi dengan kecamatan dan kabupaten guna memastikan sampainya bantuan tersebut langsung ke penerima yang telah ditentukan," jelas Atbah.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Kabupaten Sambas, Bagus Setiadi mengatakan, bantuan dari pemerintah tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di tengah kondisi pandemic Covid-19.

"Bantuan dalam bentuk apapun, terutama sembako, saat ini sangat dinanti masyarakat, terlebih kondisi ekonomi kita semua melemah dikarenakan pandemi Corona," katanya.

Namun, bantuan tersebut harus komitmen pada jumlah yang telah diatur dalam anggaran gugus tugas covid-19 Kabupaten Sambas.

"Sebagaimana dianggarkan dalam satuan gugus tugas covid-19 Kabupaten Sambas, telah ditetapkan besaran bantuan sembako gratis senilai Rp6,03 miliar menjelang Idul Fitri," ungkap Bagus.

Hal ini mesti dilakukan dengan baik dan transparan karena semakin besar anggaran bantuan sembako gratis, maka akan semakin baik dan besar pula manfaatnya bagi masyarakat.

"Jangan sampai kurang dari Rp6,03 miliar. Bila perlu bertambah, kalau berkurang maka ini harus disikapi dengan tegas. Semoga saja tetap nilainya atau bertambah," katanya.

Bagus juga mengatakan, Pemda Sambas mesti segera memaparkan penggunaan dana atau anggaran gugus tugas Covid-19 kepada DPRD Kabupaten Sambas.

"Sebagai wakil rakyat, DPRD adalah lembaga dimana kami bisa menanyakan untuk apa saja anggaran itu digunakan. Selama ini transparansinya masih belum dilakukan. Ini harus dilakukan," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda