Sambas post authorBob 18 Juni 2021

Yayasan Rumah Dai Gelar Pelatihan Komputer, Membentuk Pekerja yang Terampil dan Kompeten

Photo of Yayasan Rumah Dai Gelar Pelatihan Komputer, Membentuk Pekerja yang Terampil dan Kompeten FOTO BERSAMA – Pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas, UPTD BLK Kabupaten Sambas, Yayasan Rumah Bina Dai Indonesia dan peserta pelatihan foto bersama. Suara pemred/nurhadi

Balai Latihan Kerja (BLK) dan Yayasan Rumah Bina Dai Indonesia melaksanakan workshop IT BLK Komunitas, Senin (14/6).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Zainal Abidin selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas. Zainal didampingi Kepala UPTD BLK Kabupaten Sambas dan Pengurus Yayasan Rumah Bina Dai Indonesia.

Dalam sambutannya, Zainal menyampaikan, pelatihan ini dapat meningkatkan SDM dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Sambas.

"Dengan diadakannya pelatihan berbasis komputer dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan Indeks Pembangunan Manusia yang ada di Kabupaten Sambas, dengan keterampilan sesuai kompetensi demi terciptanya lapangan pekerjaan baru," katanya.

Peserta berjumlah 16 peserta terdiri dari enam laki-laki dan 10 perempuan. Kegiatan pelatihan berlangsung 24 hari mulai 14 Juni 2021 hingga 10 Juli 2021.

Ketua BLK Komunitas Yayasan Rumah Bina Dai, Asyari mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Sambas.

“Tujuan diadakannya pelatihan berbasis komputer ini untuk meningkatkan sumber daya manusia terkhusus di Kabupaten Sambas. Pelatihan ini merupakan penyelarasan program pemerintah untuk memberikan pendidikan vokasi mengurangi pengangguran, menigkatkan  produktivitas pemuda di Kabupaten Sambas," tuturnya.

Dia menyampaikan, di BLKK ini ada pelatihan soft skill dan hard skill yang mana soft skill berupa pembinaan mental spiritual.

"Tentu dengan adanya soft skill ini adalah ketika mereka bekerja di suatu perusahaan atau di mana tempat bekerja mereka nantinya maka nilai-nilai ini tertanam dalam jiwa mereka, bagaimana mereka menjaga kedisiplinan, sikap dan akhlak," tuturnya.

BLKK Yayasan Rumah Bina Da’i ini berada langsung di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di bawah binaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Banten.

Di akhir acara pembukaan, dilakukan penyerahan kartu tanda peserta serta seragam pelatihan secara simbolis oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas dan Ketua Yayasan Rumah Bina Dai Indonesia. (nurhadi)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda