Sambas post authorKiwi 19 November 2021

Bangun Budaya Politik Santun Sejak Dini

Photo of Bangun Budaya Politik Santun Sejak Dini Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Abu Bakar berpidato saat kegiatan sosialisasi budaya dan etika politik di Sambas yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Sambas di Aula Kantor Kemenag Sambas, Kamis (18/11).

SAMBAS, SP - Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Abu Bakar mengajak generasi muda penerus bangsa menanamkan sejak dini budaya politik santun.

Hal itu dikemukakannya saat membuka kegiatan sosialisasi budaya dan etika politik di Sambas yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Sambas di Aula Kantor Kemenag Sambas, Kamis (18/11).

Peserta sosialiasi yang menyasar pelajar SMA sederajat dan para mahasiswa, dimanfaatkan Abu Bakar dengan memberikan pemahaman budaya dan etika politik santun.

Abu Bakar menyebutkan, generasi muda harus memiliki wawasan politik yang mengarah pembangunan dan modernisasi budaya politik santun.

"Politik santun, budaya politik yang dapat membentuk aspirasi, harapan preferensi dan prioritas tertentu dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan perubahan sosial politik yang mengarah pada Pancasila, Undang-Undang Dasar dan Kebhinekaan Tunggal Ika," ujarnya.

Pelajar atau mahasiswa, lanjut dia, sebagai individu yang hidup di tengah-tengah masyarakat berorientasi dan berpresepsi terhadap sistem politiknya, peran kebudayaan memberi pengaruh pada arah pembangunan dan modernisasi masyarakat dan sistem politiknya.

"Berpolitik tanpa kesadaran etika dan moral hanya akan melahirkan krisis kepemimpinan, karena sekarang diperlukan adanya pencerahan dari agama dan budaya yang bermoral, yang berperan menjaga untuk tetap berada pada etika, moralitas dan kebhinekaan yang seharusnya," papar Ketua DPRD.

Menurut Abu Bakar, politik tidak semata tentang money politics, atau perkara pragmatis. Generasi Muda, jelas Ketua DPRD, harus tahu bahwa politik dalam konsep etika politik, dapat menuntun agar suatu tujuan yang dipilih harus dapat dibenarkan dengan akal sehat yang dapat diuji.

"Dan cara yang ditetapkan untuk mencapainya, haruslah dapat dites dengan kriteria moral. Dan dalam politik, ada keindahan, nilai luhur dan cita-cita besar yang dipertaruhkan dan dicapai dalam berbagai langkah nyata dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," paparnya.

Budaya politik santun, bersih dan beretika, tegas Abu Bakar, dalam rangka memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara. Etika politik dan pemerintahan, tambah Ketua, mengandung misi kepada setiap pejabat dan elite politik bersikap jujur, amanah, sportif, siap melayani, berjiwa besar, memiliki keteladanan dan rendah hati.

"Sebagai generasi muda, harus memiliki wawasan tentang politik. Jadikan politik sebagai media membangun budaya dan peradaban yang santun. Dengan budaya politik santun, kita harapkan kedepannya, bangsa dan negara ini semakin kokoh dan maju," harapnya. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda