Sambas post authorKiwi 24 Juni 2022

Sejumlah Hewan Ternak Terinfeksi PMK

Photo of Sejumlah Hewan Ternak Terinfeksi PMK Sejumlah hewan ternak di Kabupaten Sambas terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

SAMBAS, SP - Sejumlah hewan ternak di Kabupaten Sambas terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Penemuan itu diketahui dari hasil tracking (pelacakan,red) Dinas Perikanan Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Sambas, beberapa waktu lalu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPPKH Sambas, Makbullah mengatakan bahwa pihaknya sudah dua kali mengirimkan sampel ke Balai Veteriner Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Namun, sampel yang pertama dikirim rusak saat sampai, pengiriman sampel kedua berhasil dianalisis dengan hasil empat sampel dikabarkan positif.

“Enam sampel pertama yang kita kirimkan ke Balai Veteriner Banjarbaru tidak bisa dianalisis karena rusak. Kemudian dari Balai Veteriner Banjarbaru kembali mengambil sebanyak delapan sampel, hasilnya empat negatif dan empat positif,” katanya, Kamis (23/6/).

Dikatakan Makbullah berdasarkan data tracking yang mereka himpun, terdapat lima kecamatan yang dicurigai terpapar PMK. Setidaknya ada 124 ekor hewan ternak sapi yang suspek terinfeksi PMK. 35 di antaranya sedang sakit, 88 sudah dinyatakan sembuh, dan satu ekor sapi dipotong.

“Lima kecamatan ini yaitu Kecamatan Semparuk, Tebas, Sambas, Tangaran, dan Paloh. Untuk sementara semua hewan ternak yang suspek terinfeksi PMK adalah sapi. Kambing, domba dan sebagainya belum ada,” jelasnya.

Untuk itu, Makbullah memberikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Sambas untuk melaporkan ke DPPKH Sambas jika melihat gejala PMK pada hewan ternak, paling tidak memberikan langkah pencegahan.

“Jika menemukan hewan ternak dengan ciri-ciri PMK, seperti mulut berbusa, tidak napsu makan, kuku bernanah dan tidak bisa berdiri atau hewan ternak tiba-tiba lemah, segera pisahkan dari kelompoknya. Rajin-rajinlah membersihkan kandang dan menyemprotkan disinfektan sebagai langkah pencegahan,” pungkas Makbullah. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda