Sambas post authorKiwi 29 Juli 2021

DPRD Sambas Sahkan Lima Raperda

Photo of DPRD Sambas Sahkan Lima Raperda Lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sambas yang diajukan pada pertengahan tahun 2021, tepatnya awal Juli lalu, akhirnya disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas.

 

SAMBAS, SP - Lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Sambas yang diajukan pada pertengahan tahun 2021, tepatnya awal Juli lalu, akhirnya disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas.

Adapun lima Raperda yang disahkan tersebut di antaranya Raperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Sambas Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Raperda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Sambas.

Raperda ketiga tentang Perubahan atas Perda Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Sambas pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat, Raperda keempat tentang Pencabutan atas Perda Kabupaten Sambas Nomor 8 Tahun 2015 tentang Sumbangan Pihak Ketiga kepada Pemerintah Daerah dan Raperda kelima tentang Pembangunan Kepemudaan.

Ketua DPRD Sambas, Abu Bakar mengatakan bahwa semua fraksi dan anggota DPRD yang hadir pada Rapat Paripurna, Selasa (27/7) di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Sambas menyetujui lima 5 Rperda tersebut disahkan menjadi Perda.

Bahkan, dirinya secara lisan meminta persetujuan seluruh anggota DPRD yang hadir dan semua menyatakan setuju.

“Alhamdulillah, progres Raperda ini berjalan dengan lancar. Sekarang sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sambas. Tinggal nanti proses selanjutnya akan diurus langsung pihak terkait, seperti diteruskan ke provinsi untuk mendapatkan registrasi,” ujar Abu Bakar.

Abu Bakar menyebutkan, tahapan pembahasan Raperda sesuai penjadwalan yang ditetapkan Badan Musyawarah DPRD. Dia mengapresiasi ditetapkannya Raperda itu menjadi Perda.

“Ini berkat kerja sama yang baik antara legislatif dan eksekutif. Sehingga prosesnya sesuai jadwal, tidak ditemukan kendala yang berarti. Semua OPD mendukung pembahasan gabungan, dan Pansus DPRD juga bekerja dengan sangat baik,” ungkap Abu Bakar.

Harapannya, Perda yang telah ditetapkan itu bermanfaat bagi semua komponen masyarakat Kabupaten Sambas. Karenanya, dia berharap agar nantinya Perda itu bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sambas.

"Semoga Raperda ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya kepada masyarakat Kabupaten Sambas,” pungkas Abu Bakar. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda