Sambas post authorKiwi 30 November 2020 88

Rusun Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas Mulai Dibangun

Photo of Rusun Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas Mulai Dibangun BATU PERTAMA – Pihak terkait menghadiri seremoni peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Rumah susun mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), kemarin. Bangunan ini nantinya dapat menampung 166 mahasiswa.

SAMBAS, SP - Rumah susun mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mulai dibangun. Simbolis dimulainya pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama, kemarin.

Anggaran pembangunan rumah susun sebesar Rp13,7 miliar berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020-2021 Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Konsultan dan pelaksana pembangunan dipercayakan kepada PT Sarana Budi Prakarsacipta dan PT Sumber Alam Sejahtera.

Rumah susun dibangun tiga tingkat dan menyediakan 41 unit kamar standard an dua unit kamar untuk mahasiswa difabel. Total mahasiswa yang dapat ditampung sebanyak 166 orang.

Direktur Poltesa, Mahyus berterima kasih kepada Kementrian PUPR atas terealisasinya pembangunan gedung mahasiswa Poltesa.

"Terima kasih kepada Kementerian PUPR atas terselenggaranya pembangunan rumah susun di Poltesa," ucapnya.

Dengan dibangunnya rumah susun ini nantinya akan memberikan kemudahan untuk mahasiswa Poltesa yang selama ini mengontrak atau kost.

"Semoga pembangunan rumah susun ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa Poltesa dan dunia pendidikan di Kabupaten Sambas," tuturnya

Dikatakan Mahyus, di rumah susun untuk mahasiswa tersebut juga akan menjadi tempat pendidikan kedua setelah kampus. "Mahasiswa yang menghuni Rusun ini akan kita tanamkan pendidikan karakter dan akhlak melalui kegiatan-kegiatan rutin," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Sambas, Bagus Setiadi mengatakan, Poltesa harus mendapat dukungan penuh oleh pemerintah daerah. Dirinya juga mengapresiasi pembangunan rumah susun yang diperuntukan bagi mahasiswa Poltesa.

"Secara personal saya ucapkan selamat atas dimulainya pembangunan Rusun untuk mahasiswa Poltesa. Pembangunan ini juga merupakan upaya meningkatkan pendidikan di Sambas. Hadirnya Rusun ini akan semakin mempermudah mahasiswa yang menuntut ilmu," kata Bagus.

Sebagai perguruan tinggi negeri, kata Bagus, Poltesa sudah semestinya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


"Jurusan dan bidang studi di Poltesa sangat sesuai dengan kebutuhan daerah saat ini dan mendatang, ada bidang pertanian dan komputer, digitalisasi dan lain-lain, karena itu sangat pantas bila kampus ini ditopang bersama agar menghasilkan banyak lulusan tenaga ahli yang dibutuhkan untuk pembangunan Sambas," paparnya.

Kendati demikian menurut legislator Partai Kebangkitan bangsa (PKB), pembangunan infrastruktur jalan menuju lokasi kampus masih harus diperhatikan.

"Ini menjadi domain pemerintah, baik itu daerah, provinsi atau pemerintah pusat, jalan menuju kampus poltesa sangat kecil, padahal ada dua kampus dan beberapa sekolah di lokasi tersebut, ini harus kita dorong bersama agar bisa diperlebar supaya lalu lintas aman dan nyaman," tukasnya. (noi)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda