Sanggau post authorKiwi 02 Desember 2021

Kadis Kominfo Sanggau: PT Telkom Bisa Disengketakan ke Komisi Informasi

Photo of Kadis Kominfo Sanggau: PT Telkom Bisa Disengketakan ke Komisi Informasi Joni Irwanto

SANGGAU, SP - Sikap pihak PT Telkom Kabupaten Sanggau yang tidak pernah menghadiri undangan pemerintah daerah setempat guna membahas berbagai persoalan terkait Kabupaten Layak Anak (KLA) terus disorot. Kali ini, sikap perusahaan plat merah itu mendapat respon dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Sanggau Joni Irwanto.

Ia menegaskan, PT Telkom bisa disengketakan ke Komisi Informasi terkait ketidakmauan mereka memberikan data yang dibutuhkan pemerintah daerah.

"Bisa disengketakan. Dalam Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, lembaga publik yang tidak memenuhi permintaan informasi oleh publik dapat disengketakan melalui Komisi Informasi yang sementara ini ada di provinsi, apalagi yang meminta itu adalah pemerintah," kata Joni kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Meski sengketa informasi itu bisa diajukan ke Komisi Informasi, dia bilang, Pemkab Sanggau selalu mencari solusi yang terbaik, tidak langsung mengambil langkah seperti itu.

"Sementara ini belum ke arah mengajukan sengketa informasi terkait peran dan partisipasi PT. Telkom, cuma memang dirasakan selama ini untuk respon dan partisipasi PT Telkom di Kabupaten Sanggau sangat rendah. Beberapa koordinasi yang dilakukan oleh Pemkab Sanggau terkesan diabaikan," ujar Joni.

Ia mengingatkan, pada prinsipnya siapapun yang diundang atau diminta kerjasamanya oleh bupati atau Pemkab Sanggau wajib untuk menanggapi dan bekerjasama.

"Karena kalau pemerintah daerah yang ngundang, apalagi ada tandatangan bupati, pasti penting untuk kemaslahatan orang banyak dan sinkronisasi pencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat," kata Joni.

Sebelumnya, kekecewaan terhadap pihak PT Telkom disampaikan langsung Bupati Sanggau Paolus Hadi saat memimpin Rapat Evaluasi Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Sanggau yang digelar di lantai dua Bappeda setempat, Selasa (30/1/2021) lalu.

Bupati Sanggau dua periode itu kecewa karena pihak PT. Telkom sama sekali tidak pernah hadir ketika diundang untuk menghadiri rapat membahas KLA. Bahkan PH menyebut pihak PT Telkom tidak memiliki hati nurani untuk kemajuan masyarakat Sanggau. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda