Sanggau post authorKiwi 15 September 2021

Webinar, KPU: Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

Photo of Webinar, KPU: Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 KPU Kabupaten Sanggau menggelar Webinar Persiapan Tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024, Selasa (14/9).    

 

SANGGAU, SP - Upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan terus dilakukan. Salah satunya lewat pengetahuan dan pendidikan politik masyarakat di desa.

Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau terus menggelar webinar persiapan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024. Kali ini, seminar series kedua yang digelar secara daring, Selasa (14/9), KPU Kabupaten Sanggau mengangkat tema "Peran Internet Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih dan Mengawal Hasil Perolehan Suara Pemilu dan Pemilihan 2024.”

Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto didampingi Komisioner Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Iis Supianto membuka webinar di Kantor KPU Sanggau, KM 9 Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Hadir pula Komisioner KPU Kabupaten Sanggau, Sekretaris KPU Kabupaten Sanggau Andi Hasanuddin serta jajarannya.

Dalam sambutannya, Sumarto menyampaikan bahwa Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang tentu akan semakin kompleks, baik dari segi regulasi maupun teknis penyelenggaraannya.

Ia menyebut, pada tahapan baik pemilu dan pemilihan pada suatu waktu akan saling beririsan. Artinya, dalam kondisi yang tidak normal akan memerlukan persiapan yang sangat matang.

Pemanfaatan teknologi informasi di tengah-tengah situasi pandemi, kata Sumarto, menjadi hal yang sangat penting. Karena penyebarluasan informasi melalui media sosial akan sangat dibutuhkan, dan publik akan menuntut percepatan penyampaian informasi. Terutama, hasil pemilu maupun pemilihan.

“Saya atas nama KPU Kabupaten Sanggau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para narasumber yang telah berkenan hadir, walaupun di tengah-tengah kesibukannya. Mari bersama-sama kita ikuti kegiatan ini hingga akhir, karena banyak informasi yang tentunya akan disampaikan oleh para narasumber,” kata Sumarto.

Webinar ini juga dihadiri secara daring para narasumber, yakni Anggota KPU Provinsi Kalbar Erwin Irawan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau Alian. Sementara pengantar materi disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdan.

"Para peserta webinar ini akan mendapatkan e-Sertifikat yang akan dikirim melalui e-mail masing-masing yang sudah terdaftar," ujar Sumarto.

Di akhir acara diadakan pencabutan undian doorprize secara online bagi 5 orang peserta yang beruntung. "Bagi yang belum sempat mengikuti kegiatan ini, dapat menyaksikan rekaman ulang melalui Channel Youtube KPU Sanggau pada link Live Streaming Webinar Series 2 Persiapan Tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024," ungkap Sumarno.(jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda