Sanggau post authorKiwi 14 Oktober 2021

Heriyanto Terpilih Jadi Ketua DAD Tayan Hulu Periode 2021-2026

Photo of Heriyanto Terpilih Jadi Ketua DAD Tayan Hulu Periode 2021-2026 Heriyanto

SANGGAU, SP - Heriyanto resmi menjadi Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Tayan Hulu periode 2021-2026. Kepala Desa Binjai ini terpilih dalam Musdat IV DAD Kecamatan Tayan Hulu yang berlangsung di Aula Gereja Katolik Kristus Raja Sosok, Kamis (14/10/2021).

Heriyanto mengalahkan tiga pesaingnya, yaitu Toni Kulung, Gervalsius Radusi dan Dionus Haryono yang merupakan Ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu periode sebelumnya melalui voting.

Dari total 36 suara yang diperebutkan, Heriyanto meraih 12 suara, Toni Kulung meraih 6 suara, Gervalsius Radusi dan Dionus Haryono masing-masing meraih 9 suara.

"Pemilihan berjalan lancar dan demokratis. Terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk memimpin DAD Kecamatan Tayan Hulu periode 2021-2026," kata Heriyanto kepada wartawan usai pemilih.

Ia menyebut, sebagai agenda awal dirinya akan segera menyusun jajaran kepengurusan. Kemudian melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan forkopimcam Tayan Hulu.

"DAD Kecamatan Tayan Hulu harus kuat dan berintegritas. Senantiasa hadir bersama masyarakat yang membutuhkan pendampingan," ujar Heriyanto.

Dalam kepemimpinannya, ia ingin memperkuat DAD Kecamatan Tayan Hulu agar dihormati semua pihak, lembaga pemerintah maupun swasta serta mengupayakan kesepakatan bersama aparat penegak hukum agar persoalan yang sudah diselesaikan secara hukum adat tidak diproses hukum positif atau hukum negara.

"Sinergitas bersama pemerintah desa, lembaga adat di tingkat desa dan dusun harus dibangun. Saya juga punya misi agar adanya periodisasi jabatan temenggung," ujar Heriyanto.

DAD Kecamatan Tayan Hulu, kata dia, siap membangun komunikasi aktif dengan lembaga pemerintah untuk menjaga nilai-nilai hukum adat dan kebudayaan. "Dan kita harus memperkuat harkat dan martabat masyarakat Dayak dan mengupayakan pembangunan rumah betang adat Kecamatan Tayan Hulu,"

Kemudian, Heriyanto menyatakan komitmennya untuk bersinergi dengan seluruh komponen yang hidup di tengah-tengah masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Menjaga harmonisasi antar suku bangsa agar tercipta rasa aman dan kenyamanan hidup di wilayah Kecamatan Tayan Hulu.

"Kita juga siap membantu menjaga investasi dan potensi yang ada di Tayan Hulu agar tercipta rasa aman. Dan mendorong agar investasi yang masuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya dengan mengakomodir potensi masyarakat setempat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Musdat IV DAD Kecamatan Tayan Hulu Robert Jhonson mengatakan, 36 orang pemegang hak suara ini merupakan para kepala desa, ketua BPD dan temenggung desa di 11 desa se-Kecamatan Tayan Hulu serta temenggung kecamatan.

"Pemilihan dilaksanakan secara voting. Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara, Toni Kulung memperoleh 6 suara, Gervalsius Radusi memperoleh 9 suara, Heriyanto memperoleh 12 suara dan Dionus Haryono memperoleh 9 suara. Selanjutnya tinggal pengukuhan calon terpilih," pungkasnya. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda