Sanggau post authorKiwi 17 Mei 2021

122 WBP dapat Remisi Idulfitri, Satu Orang Langsung Bebas 

Photo of 122 WBP dapat Remisi Idulfitri, Satu Orang Langsung Bebas  BEBAS - Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau Acip Rasidi saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Remisi kepada Warga Binaan Rutan (WBP) yang langsung bebas pada hari lebaran, Kamis (13/5).  Ist

SANGGAU, SP - Sebanyak 122 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sanggau menerima remisi Hari Raya Idulfitri Tahun 2021. Pengurangan masa hukuman ini diberikan kepada narapidana (Napi) yang berkelakuan baik, dan telah menjalani masa tahanan minimal 6 bulan. 

Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Acip Rasidi mengatakan, pemberian Surat Keputusan (SK) remisi dilaksanakan usai salat Idulfitri, Kamis (13/5) lalu. Terdiri dari remisi khusus (RK) I dan RK II.

"RK I ada 121 orang dan RK II langsung bebas 1 orang," ujarnya, Minggu (16/5).

Acip menerangkan, WBP yang menerima remisi mayoritas mendapat pengurangan masa hukuman satu bulan. "RK I terdiri dari 44 orang mendapat remisi 15 hari, 76 orang mendapat remisi satu bulan dan 1 orang mendapat remisi satu bulan 15 hari. Sedangkan 1 orang yang langsung bebas mendapat RK II satu bulan," katanya. 

Menurut dia, WBP yang menerima remisi telah memenuhi syarat. Yaitu berkelakuan baik minimal 6 bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin, telah menjalani 6 bulan masa pidana, dan mengikuti program pembinaan di Rutan dengan baik.

Bagi WBP yang belum mendapat remisi khusus tahun ini, Acip meminta agar bersabar dan tetap semangat mengikuti semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di Rutan. 

“Bagi WBP yang melakukan pelanggaran, kami mengharapkan agar mulai sekarang tunjukkan itikad baik untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku. Agar tahun yang akan datang dapat diberikan hak-haknya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Acip menambahkan, sampai saat ini Rutan Kelas IIB Sanggau masih over kapasitas. "Kapasitas Rutan Sanggau untuk 211 orang. Sementara saat ini jumlah WBP sebanyak 459 orang, terdiri dari di dalam Rutan sebanyak 422 orang dan di luar Rutan sebanyak 37 orang. Yang di luar Rutan ini adalah tahanan Kejaksaan yang dititipkan di Polres, maupun Polsek di Sanggau dan Sekadau," katanya.

Terpisah, Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau Abdul Rahim menyakini, remisi yang diberikan kepada warga binaan sudah sesuai aturan yang berlaku. 

"Remisi ini diharapkan mendorong para WBP untuk terus meningkatkan perbaikan diri. Menjalankan hukuman atas perbuatannya dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku di dalam Rutan. Sehingga kelak ketika sudah bebas, bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya," ucapnya.

Kepada petugas Rutan, Rahim berharap, agar terus melakukan pembinaan dan memantau perkembangan mental para warga binaan. "Ini juga agar mereka menyadari hukuman yang diterima sebagai akibat perbuatan yang dilakukannya," pungkasnya.(jul)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda