Sanggau post authorKiwi 19 Januari 2021 145

Open Biding Enam Jabatan Digelar Februari, Minimal Tiga Tahun Menduduki Jabatan Administrator

Photo of Open Biding Enam Jabatan Digelar Februari, Minimal Tiga Tahun Menduduki Jabatan Administrator Ilustrasi

Sanggau, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau akan menggelar open bidding atau seleksi terbuka (lelang jabatan) untuk enam jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II). Seleksi tersebut rencananya digelar pada Februari 2021 mendatang.

“Sekitar Februari tahun ini. Ada enam jabatan di lingkungan Pemkab Sanggau yang akan dilelang. Enam jabatan ini tidak memiliki pejabat definitif,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus HP, Senin (18/1).

Enam jabatan yang masih kosong atau dijabat Pelaksana Tugas (Plt) di lingkungan Pemkab Sanggau, yakni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, dan Kepala Inspektorat.

Herkulanus menyebut, ada beberapa persyaratan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin mengikuti open bidding. Diantaranya pangkat minimal pembina (IVa), sudah pernah menduduki jabatan administrator (eselon IIIa/IIIb) minimal tiga tahun, dan sudah pernah mengikuti Diklatpim III.

Selain open bidding, Pemkab Sanggau juga akan melakukan rotasi jabatan terhadap sejumlah pejabat eselon II, III dan IV. Rotasi ini akan dilakukan melalui Seleksi Kesesuaian Kualifikasi dan Kompetensi (job fit). “Untuk job fit kami masih menunggu arahan pimpinan. Karena job fit dilakukan berdasarkan penilaian pimpinan terkait kinerja kepala OPD (organisasi perangkat daerah, red) tertentu, sehingga dengan hasil job fit dapat diketahui kompetensi seorang kepala OPD lebih cocoknya di OPD yang mana,” ujar Herkulanus.

Sebelumnya, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) memastikan pengisian kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama, dan penyegaran di lingkungan Pemkab Sanggau akan dilaksanakan tahun ini. “Open bidding dan job fit tahun ini. Untuk penyegaran, selain eselon II, juga dilakukan di sejumlah jabatan eselon III dan IV,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau saat ini dijabat Ginting, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau dijabat Kubin, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau dijabat Alian.

Selanjutnya, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau dijabat Rizma Aminin, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sanggau dijabat Silvestra Dayana Simbolon, dan Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Sanggau dijabat Eka Pria Saputra.

Pilih Nilai Tertinggi

Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau, Abdul Rahim berharap, pengisian kekosongan enam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Sanggau segera dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

“Pengisian jabatan di enam OPD itu tidak terlepas dari hak prerogatif bupati, pak Bupati sebagai kepala daerah diharapkan bisa mempertimbangkan beberapa hal. Yang terpilih hendaknya berdasarkan nilai tertinggi,” katanya, Senin (18/1).

Menurut Rahim, meski tidak ada keharusan memilih peserta dengan nilai tertinggi, tetapi bagaimanapun juga nilai akhir itu diraih dari proses panjang yang telah dilalui para peserta open bidding.

Selain itu, ia mengatakan, hal lain yang perlu juga dipertimbangkan adalah terkait loyalitas terhadap Pemkab Sanggau. Loyalitas ini dalam artian, sejauh mana para pejabat yang mengikuti open bidding memahami visi dan misi serta arah pembangunan Kabupaten Sanggau.

“Diharapkan yang terpilih adalah pejabat yang mempunyai kemampuan manajerial, agar roda kegiatan di unit kerja bisa berjalan maksimal. Kemudian, mampu menjabarkan visi misi bupati dengan mengedepankan profesionalisme,” harap Rahim.(jul/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda