Sanggau post authorKiwi 18 September 2023

Inovasi Perpustakaan Daerah Sanggau, Launching Aplikasi Selasih E-Perpustakan

Photo of Inovasi Perpustakaan Daerah Sanggau, Launching Aplikasi Selasih E-Perpustakan Launching Aplikasi Selasih E-Perpustakan mempermudah masyarakat Sanggau melakukan pinjam dan pengembalian buku di perpustakaan yang dilengkapi dengan sistem keamanan.

SANGGAU,SP - Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau kembali menghadirkan inovasi dalam meningkatkan kualitas literasi serta menumbuhkan minat baca masyarakat Sanggau.

Pada hari ini, Senin (18/9/2023) pagi, Perpusda Sanggau telah me-launching aplikasi yang bernama Sanggau Elektronik Literasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan Harmonis (SELASIH) yang disajikan melalui mesin M-Kios dan detektor berbasis android. Tujuan utama dari aplikasi ini ialah untuk mempermudah masyarakat melakukan pinjam dan pengembalian buku di perpustakaan serta dilengkapi dengan sistem sensor keamanan yang menjaga keamanan dan ketersedia buku yang ada di perpustakaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Paulus Hadi Bupati Sanggau, mengapresiasi hadirnya aplikasi Selasih di perpustakaan daerah Sanggau. Dengan ada inovasi dalam digitalisasi ini diharapkan mampu mendongkrak kualitas literasi dan meningkatkan minat baca anak-anak generasi muda Sanggau yang mampu bersaing.

"Terutama bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa generasi muda kabupaten Sanggau agar minat dan budaya baca dapat tumbuh dan dikembangkan di perpustakaan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan menambah guna menciptakan generasi yang cerdas, beriman dan berakhlaq mulia," Jelasnya.

PH sapaan akrab bupati Sanggau ini melanjutkan, dengan adanya inovasi dan digitalisasi yang dikembangkan perpustakaan daerah dalam menyempurnakan pelayanan yang lebih mudah, praktis dan aman kepada masyarakat diharapkan adanya peningkatan kunjungan ke perpustakaan.

"Dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak kepada kita semua warga sanggau. Apalagi generasi muda mari kita tumbuhkanlah minat dan kebiasaan membaca, isilah waktu-waktu luang kita dengan membaca, baik di rumah, sekolah dan di perpustakaan," ungkap orang nomor satu di Bumi Daranante ini.

Paulus Hadi, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam pengembangan aplikasi Selasih terutama kepada pihak pengembang PT Daya Rekadigital Indonesia yang telah mengharapkan pengembangan IT yang komprehensif dan inovatif dalam menjawab persoalan literasi yang ada saat ini, khususnya di kota sanggau.

Di tempat yang sama. Bunda Literasi Sanggau Arita Apolina, mengatakan, aplikasi Selasih merupakan sebuah terobosan yang lahir dari keinginan untuk meminimalisir proses administrasi perpustakaan dan menjamin keamanan yang terintegrasi. Sehingga menciptakan pengalaman berkunjung ke perpustakaan yang lebih praktis, mudah dan bertanggung jawab.

"Dari inovasi ini kita berharap, kualitas literasi kita menjadi lebih baik dan anak-anak kita, minat bacanya bisa meningkat," ungkap Arita pada Senin (18/9/2023) di Aula Perpustakaan Daerah Sanggau.

Sementara itu, Sukri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengungkapkan, Perpusda Sanggau terus mengembangkan dan meningkatkan sistem pelayanan yang lebih baik dengan memanfaatkan digitalisasi yang tepat guna dan optimal. Dengan hadir nya aplikasi Selasih ini, akan mempermudah proses pelayanan dan optimalisasi peningkatan literasi di Kabupaten Sanggau.

"Aplikasi Selasih ini juga membantu perpusda berinteraksi dan menjangkau lebih luas mayarakat dengan memaksimalkan fungsi aplikasi dan melakukan identifikasi pengelolaan data yang lebih baik maka semakin baik pula program perpustakaan daerah," ungkap Sukri

Ditambahkannya, aplikasi selasih ini juga memudahkan pengambilan data waktu masuk dan keluar para pembaca yang berkunjung secara akurat. Sehingga, perpustakaan lebih mudah melakukan analisis sehingga perkembangan perpustakaan bisa selaras dengan kebutuhan pengunjung.

"Saat ini perpustakaan daerah kabupaten Sanggau ini telah terakreditasi pak dengan nilai B, dan itu sudah lumayan nilainya 94," pungkasnya. (Dit)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda