Sanggau post authorKiwi 18 Oktober 2021

Kadis Bina Marga dan SDA Sanggau: Jembatan Sungai Kambing akan Diperbaiki 2022

Photo of Kadis Bina Marga dan SDA Sanggau: Jembatan Sungai Kambing akan Diperbaiki 2022 Kondisi Jembatan Sungai Kambing yang berada di Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau dalam kondisi rusak dan perlu penanganan segera. / Ist

SANGGAU, SP - Jembatan Sungai Kambing yang berada di Jalan Melati RT 12 menuju Jalan Mawar merupakan akses terdekat ke Kantor Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Saat ini, kondisi jembatan itu butuh perbaikan.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Kadis BM dan SDA) Kabupaten Sanggau John Hendri, jembatan Sungai Kambing sudah dibangun sejak lama. Karena itu, kerusakan jembatan tersebut merupakan hal yang wajar.

Pemerintah Kabupaten Sanggau, kata dia, tidak tinggal diam dan berencana akan memperbaiki jembatan tersebut pada tahun depan. “Kalau pun terjadi kerusakan hal yang wajar saja, pemerintah daerah berupaya akan memperbaiki di tahun 2022 mendatang,” ujar John Hendri.

Sementara itu, Pj Lurah Sungai Sengkuang Tekam Sunarya mengatakan, karena kondisi Jembatan Sungai Kambing rusak, warga yang mau berurusan ke kantor lurah terpaksa harus memutar ke Sanggau Permai.

Pihaknya, dia bilang, sudah dua kali mengusulkan perbaikan jembatan sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter itu, tetapi belum ada tanggapan. “Perbaikan sementara sudah pernah kami dilakukan, tapi karena kondisi sungai sudah terlihat abrasi, jadi sulit untuk kami memperbaiki. Harus instansi teknis yang mengerjakannya,” ujar Tekam.

Ia menyebut, memang ada dana kelurahan. Namun dana tersebut terbatas dan masih banyak jalan-jalan kelurahan yang harus diperbaiki. Sementara untuk membangun jembatan Sungai Kambing itu dibutuhkan anggaran lebih dari Rp 200 juta dan dana kelurahan tidak boleh dianggarkan untuk membangun jembatan yang anggarannya di atas Rp 200 juta.

“Akses yang terputus karena jembatan rusak akan menyulitkan masyarakat untuk berurusan di kantor kelurahan. Harapan saya, tahun depan jembatan ini bisa menjadi prioritas sesuai dengan moto Sanggau Permai yang menjadi ikon kebanggaan pemerintah daerah,” pungkas Tekam. (jul)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda