Sanggau post authorKiwi 18 November 2022

Arita PH Dianugerahi Penghargaan oleh Kemendikbud Ristek

Photo of Arita PH Dianugerahi Penghargaan oleh Kemendikbud Ristek Bunda PAUD Kabupaten Sanggau Arita Apolina PH saat menerima piagam penghargaan Wiyata Dharma Utama di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (16/11/2022).---Diskominfo Sanggau.

Sanggau, SP - Komitmen Bunda PAUD Kabupaten Sanggau Arita Apolina PH terhadap penyediaan akses layanan pendidikan anak usia dini tak diragukan lagi.

Komitmen itu menghantar istri Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) ini diganjar penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Penghargaan berupa piagam Wiyata Dharma Utama ini diserahkan Ketua Pokja Regulasi dan Tata Kelola Satuan Pendidikan Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek Muhammad Ngasmawi di Pendopo Gubernur Kalbat, Rabu (16/11/2022).

Usai menerima penghargaan, Arita PH mengatakan, penghargaan Wiyata Dharma Utama ini merupakan motivasi yang menjadikannya untuk berproses lebih baik, lebih kreatif dan inovatif. Terlebih untuk lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sanggau.

"Karena pemberian apresiasi Bunda PAUD ini merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui apresiasi Bunda PAUD," ucapnya.

Arita PH menyebut, salah satu tujuan pendidikan anak usia dini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik, mandiri, cerdas dan berakhlak mulia sejak dini.

"Maka dari itu, kita berupaya untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sanggau yang maju dan terdepan. Putra-putrinya bersumber daya manusia yang cerdas, tertib, dan tentu mempunyai visi misi yang luas untuk Kabupaten Sanggau," ujarnya.

Arita PH kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau atas pencapaian ini, teristimewa kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau beserta seluruh jajaran di bidang PAUD yang telah bersama-sama berproses untuk meraih penghargaan Wiyata Dharma Utama.

"Saya juga ucapkan selamat kepada Hj Lismaryani selaku Bunda PAUD Provinsi Kalbar yang juga mendapatkan penghargaan ini," ucapnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Kalbar Sutarmidji berharap agar Bunda PAUD lebih aktif dalam memajukan segala aspek PAUD di Kalbar.

"Ke depan, kita harus memberikan perhatian lebih serius kepada tumbuh kembang anak, terutama usia anak 6 tahun ke bawah. Karena perkembangan PAUD akan penting dalam mempersiapkan generasi emas," katanya.

Dalam mempersiapkan generasi emas, Sutarmidji bilang, anak-anak harus diajari menumbuhkan kearifan lokal. Karena kearifan lokal dapat memudahkan komunikasi antara orang tua dan anak serta memajukan anak itu sendiri. Contohnya, seperti mengajari atau menyemangati anak untuk mau makan ikan.

"Ikan sangat bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan, ini yang harus kita terapkan. Selain ikan, berikan susu, karena tidak hanya berdampak pada kecerdasan otak, melainkan dapat meningkatkan imunitas pada anak tersebut. Dua hal ini jika digerakkan Insyaallah akan melahirkan generasi-generasi yang sangat hebat, dan SDM yang baik dan juga memperkuat imunitas pada tubuh," pungkas Sutarmidji. (jul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda