Sanggau post authorKiwi 20 Mei 2024

Pantauan BMKG, Wilayah Sanggau Masih Berpotensi Hujan Lebat di Sertai Angin Kencang pada 19-25 Mei 2024, BPBD Lakukan Upaya Mitigasi Kebencanaan

Photo of Pantauan BMKG, Wilayah Sanggau Masih Berpotensi Hujan Lebat di Sertai Angin Kencang pada 19-25 Mei 2024, BPBD Lakukan Upaya Mitigasi Kebencanaan

SANGGAU,SP - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kelas I Supadio mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan menerpa sejumlah wilayah Kalimantan Barat.13 Kabupaten daerah berstatus waspada itu meliputi Sambas, Bengkayang, Pontianak, Kubu Raya, Singkawang, Mempawah, Sekadau, Sintang, Melawi, Kayong Utara, Ketapang, Kapuas Hulu serta Sanggau. Yang berpotensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, petir, dan angin kencang itu akan terjadi. Minggu (19/5/2024) sampai Sabtu (25/5/2024)

"Menurut data yang kita dapat dari BMKG kelas I Supadio, sepekan ke depan di beberapa kabupaten/kota di Kalbar termasuk Kabupaten Sanggau masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," Ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD kabupaten Sanggau. Budi Darmawan kepada wartawan.

Kalaksa BPBD kabupaten Sanggau ini menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati terhadap cuaca ekstrem dalam seminggu ke depan.

"Cuaca ekstrem itu diantaranya, puting beliung, angin kencang, hujan lebat disertai kilat atau petir, yang akan berdampak dapat menimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang, dan lain-lain yang dapat membahayakan," Jelas Budi Darmawan.

Sebagai upaya pencegahan, BPBD Kabupaten Sanggau melakukan upaya mitigasi kebencanaan. Selain itu juga menghimbau kepada warga untuk selalu waspada dan berhati hati dalam beraktivitas di luar rumah.

“Sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya banjir telah kita sampaikan melalui berbagai media baik cetak dan elektronik. Kami dari TRC BPBD kabupaten Sanggau siapsiaga dengan mendirikan posko pengaduan dan informasi di gedung TRC Sanggau dalam melakukan pemantauan serta laporan warga jika ada bencana," Jelasnya.

"Petugas dan Posko kami siagakan 24 jam, untuk siap membantu dan merespons urusan bencana,” sambung Kalaksa BPBD kabupaten Sanggau. Budi Darmawan. (Dit)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda