Sanggau post authorKiwi 20 Juli 2021

Kubin Akui Ada Lahan Sawah di Sanggau Masuk Kawasan Hutan

Photo of Kubin Akui Ada Lahan Sawah di Sanggau Masuk Kawasan Hutan Kubin

SANGGAU, SP - Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin mengakui terdapat lahan sawah di Kabupaten Sanggau masuk dalam kawasan hutan.

"Luas sawah yang masuk kawasan hutan belum kami rinci benar. Karena harus cek ke lapangan, harus ukur dan cari titik koordinatnya. Mudah-mudahan tahun ini bisa kami cek titik koordinatnya di luar data sawah dari ATR/BPN. Selanjutnya akan kami diusulkan ke pemerintah pusat untuk diakui," katanya kepada wartawan usai menghadiri penyerahan alsintan ke kelompok tani di Kantor Desa Binjai, Senin (19/7/2021).

Kubin menyebut, areal panen padi di Kabupaten Sanggau tahun 2019 seluas 39 ribu hektar lebih dan pada tahun 2020 turun menjadi 32 ribu hektar lebih. Luasan panen ini belum termasuk lahan kering.

"Kami harus mengakui bahwa data dari ART/BPN bahwa areal lahan sawah di Kabupaten Sanggau seluas 24.432 hektar. Sehingga kami harus melaporkan perkembangan pertumbuhan produksi padi juga mengacu data tersebut," ujarnya.

Namun, menurut Kubin, data di lapangan luas sawah di Kabupaten Sanggau sebenarnya lebih dari itu.

"Di lapangan kami masih punya lahan lebih dari itu. Nyatanya kami bisa panen seluas 32 ribu hektar lebih di tahun 2020," katanya.

Oleh karena itu, Kubin mengatakan, diperlukan revisi luas lahan sawah di Kabupaten Sanggau. Pasalnya, bantuan dari pemerintah pusat mengacu luas lahan berdasarkan data ATR/BPN.

"Karena ini ada kaitannya dengan bantuan saprodi yang dialokasikan pemerintah pusat ke kabupaten Sanggau. Termasuk pupuk bersubsidi, selama ini bantuan pupuk bersubsidi mengacu data ATR/BPN. Sementara luas lahan sawah di lapangan pada tahun 2020 seluas 32 ribu hektar lebih," imbuhnya.

Kubin berharap para wakil rakyat baik di tingkat kabupaten sampai pusat juga mendorong agar lahan sawah yang masuk kawasan hutan bisa masuk dalam luas lahan baku sawah Kabupaten Sanggau.

"Kami berharap lahan-lahan sawah di dalam kawasan hutan yang selama ini digarap petani bisa diakui menjadi luas lahan secara keseluruhan di Kabupaten Sanggau. Lebih dari 24.432 hektar itu," pungkasnya. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda