Sanggau post authorKiwi 22 Mei 2020 54

Perbaiki Lima Jembatan Paralel Perbatasan, Rp1 Miliar untuk Jembatan dan Jalan Sejuah-Noyan

Photo of Perbaiki Lima Jembatan Paralel Perbatasan, Rp1 Miliar untuk Jembatan dan Jalan Sejuah-Noyan JEBOL - Gorong-gorong di Jalan Sejuah-Noyan jebol, tepatnya di perbatasan antara Dusun Telogah, Kecamatan Noyan dan Dusun Terusan, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.     

Sanggau, SP - Pemerintah akan membangun lima dari sembilan jembatan di paralel perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar). Lima jembatan tersebut akan dikerjakan tahun ini. Sedangkan pemeliharaan jembatan dan jalan Sejuah-Noyan, Kabupaten Sanggau dialokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM dan SDA) Kabupaten Sanggau, John Hendri mengatakan, lima jembatan yang akan dibangun itu termasuk jembatan ambruk yang menghubungkan Sontas ke Desa Pala Pasang, Desa Suluh Tembawang hingga perbatasan Malaysia.

"Tingginya curah hujan mengakibat gorong-gorong jembatan tersebut jebol. Atas instruksi Bupati, kami telah mengambil langkah-langkah untuk penanganannya. Kami langsung melakukan pemantauan di lapangan. Kami langsung berkoordinasi dengan Satker Balai Besar Jalan dan Jembatan," terang John Hendri, Kamis (21/5).

Menurut dia, hasil koordinasi tersebut, Balai Besar Jalan dan Jembatan akan segera menurunkan tim ke Entikong, untuk menentukan langkah-langkah penanganan.

"Tahun ini, jembatan itu memang akan dibangun. Karena anggarannya sudah ada. Kalau kita lihat dan hitung jumlah jembatan yang ada di sepanjang paralel perbatasan sampai ke perbatasan Bengkayang ada sembilan. Tahun ini yang dibangun ada lima, termasuk yang ambruk itu. Sisanya, empat jembatan lagi dibangun tahun depan," ucap John Hendri. 

Ia berharap, masyarakat bersabar hingga jembatan dibangun. Untuk sementara, masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif yang sudah ada. "Mudah-mudahan secepatnya dikerjakan jembatan itu, sehingga bisa digunakan kembali oleh masyarakat," ucap John Hendri.

John Hendri juga mengungkapkan, tahun ini jalan dan jembatan ruas jalan Sejuah-Noyan, Kabupaten Sanggau akan dilakukan pemeliharaan. Alokasi anggarannya sebesar Rp1 miliar. 

Seperti diketahui, ruas jalan Sejuah-Noyan tepatnya di perbatasan antara Dusun Telogah, Kecamatan Noyan dan Dusun Terusan, Kecamatan Kembayan, mengalami kerusakan lantaran gorong-gorongnya ada yang jebol.

"Ini ruas jalan Sejuah-Noyan pernah kita tangani tahun 2017 lalu. Tahun ini, akan ada pekerjaan pemeliharaan yang saat ini sedang proses tender. Anggarannya Rp1 miliar," kata John Hendri, Rabu (20/5). 

Masyarakat Diminta Sabar

Kepala Dinas BM dan SDA Kabupaten Sanggau, John Hendri meminta masyarakat bersabar. Sebab, ruas jalan Sejuah-Noyan, tepatnya di perbatasan antara Dusun Telogah, Kecamatan Noyan dan Dusun Terusan, Kecamatan Kembayan akan diperbaiki tahun ini.

"Segera kami tangani. Kami minta masyarakat sedikit bersabar. Kami tahu musim hujan ini membuat ketahanan infrastruktur semakin berkurang. Partisipasi masyarakat sangat kami harapkan," tutup John Hendri.(jul/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda