Sanggau post authorKiwi 21 Juli 2021

Tim Keswan Disbunnak Sanggau Pantau Penyembelihan 11 Sapi Kurban di Masjid Agung Al-Mu'wanah

Photo of Tim Keswan Disbunnak Sanggau Pantau Penyembelihan 11 Sapi Kurban di Masjid Agung Al-Mu'wanah Petugas Kesehatan Hewan Disbunnak Kabupaten Sanggau saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di Masjid Agung Al-Mu'awanah Sanggau, Rabu (21/7/2021).

SANGGAU, SP - Tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau memantau penyembelihan 11 ekor sapi di Masjid Agung Masjid Agung Al-Mu'awanah Sanggau, Rabu (21/7/2021).

Pemantauan yang dilakukan Disbunnak bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau ini untuk memastikan kelayakan hewan kurban dan penyembelihan dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Kepada wartawan di sela-sela melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kabupaten Sanggau Dadan Sumarna menyampaikan, data sementara hewan kurban yang telah dilakukan pemotongan di Kabupaten Sanggau berjumlah 450 ekor sapi dan 150 ekor kambing.

"Hasil pemeriksaan sementara postmortem hewan kurban secara keseluruhan layak untuk dikonsumsi. Termasuk yang di Masjid Agung, hanya saja tadi dari 11 ekor, ada kami temukan satu ekor hewan kurban yang penyakit hati. Tapi panitia sudah sepakat tidak membagikan hati hewan kurban yang terinfeksi tersebut. Tapi secara umum, semua hewan kurban yang kita lakukan pemeriksaan sementara ini tidak ditemukan penyakit yang fatal untuk dikonsumsi," katanya.

Kepada panitia pemotongan hewan kurban yang belum melakukan pemotongan, Dadang mengimbau agar menginformasikan kepada pihaknya untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang dipotong.

"Besok kalau tidak salah masih ada yang belum, kami siap melakukan pemeriksaan. Silakan nanti hubungi kami. Pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ini kami berikan secara gratis," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Agung Al-Mu'awanah Sanggau Sukur mengatakan, pemotongan hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, sudah sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2021.

"Kami melaksanakan hari ini sesuai arahan Menteri Agama yang mengimbau agar pemotongan tidak dilakukan bersamaan. Jadi kita pilih hari ini untuk menghindari kerumunan warga yang ingin menyaksikan," katanya.

Pemotongan hewan kurban tahun ini, lanjut Sukur, dipantau langsung oleh Kantor Kementerian Agama Sanggau dan Disbunnak Kabupaten Sanggau.

"Terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama dan Disbunnak Sanggau. Dengan kehadiran mereka, insya Allah hewan kurban yang kami sembelih hari ini layak dikonsumsi secara syar'i dan kesehatan hewannya," ucapnya.

Koordinator Pengumpulan Hewan Kurban Masjid Agung Al-Mu'awanah Sanggau H. Ghundar menambahkan, hewan kurban yang disembelih hari ini berjumlah sebelas ekor.

"Delapan ekor diperoleh dari arisan jemaah Masjid Agung, dua ekor dari Bank Kalbar Cabang Sanggau, satu ekor dari bapak Gubernur Kalbar dan satu ekor kambing dari Bank Kalbar Cabang Sanggau," pungkasnya. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda