Sanggau post authorKiwi 21 Desember 2021

Polres Sanggau Gelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan NATARU

Photo of Polres Sanggau Gelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan NATARU

SANGGAU, SP - Bertempat di Aula Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jend Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Kordinasi Lintas Sektoral bersama unsur Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dalam Rangka Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilkum Polres Sanggau, Selasa (21/12).

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K.,didampingi Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si., yang dihadiri Kajari Sanggau Tengku Firdaus, S.H, MH., Kasdim 1204 Sanggau MAYOR CZI Budi RahardI, PJU Polres Sanggau, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau diwakili oleh Yulianto, SP, Dansubdenpom XII/1.2 Sanggau KAPTEN CPM Temazezo Zebua, Kapolsek Jajaran, Ka Dinkes Ginting, SKM, M.Kes., Kadis Porapar L. Toto Martoyo, S.Sos, M.Si, Plt. Kakan Kemenag Mustaan, S.Ag, M.Pd, Ka Dishub Drs. Anselmus, M.Si., Kadis Perindakop Drs. Syarif Ibnu Marwan, M.Si, Kasat Pol PP Viktorianus, S.Sos, Kadis Cipta Karya Ir. Didit Richadi, MT, Kepala BPBD diwakili oleh Suprianto, Jasa Raharja Frederickus Erick, Dirut PDAM diwakili oleh Sandi Yudo, Kepala Telkom Aristia R, Kasi Bulog Hendra Dionisius, Ketua FKUB Pdt. Suyono Asun, M.Th, Ketua Bamag Pdt. Petrus Musa, Pastor Paroki Katedral P. Albert Yance, Pr, Ketua Muhammadiyah Ade Juandi, Ketua NU diwakili oleh Ayi Yusuf, Ketua Harian DAD M. Ajau, Wakil Ketua MABT Gideon, SE, Ketua Ormas Pemuda Pancasila Suherman, Ketua OMK Paroki Katedral Sanggau.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan YME dan terima kasih kepada Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal dan para tamu undangan yang telah hadir dalam pelaksanaan Rakor Lintas Sektoral.

Kapolres mengungkapkan pelaksanaan Rakor Lintas Sektoral merupakan tindak lanjut Rakor Linsek yang telah dilaksanakan di tingkat Provinsi bertujuan sebagai penyamaan persepsi dalam rangka Ops Lilin Kapuas 2021 menghadapi NATARU di tengah Pandemi Covid-19 dengan esensi terciptanya aman nyaman, Kamtibmas Kondusif, Tidak adanya kasus menonjol di masyarakat, menekan Laka Lantas, serta perayaan NATARU tanpa munculnya cluster / kasus terkonfirmasi covid 19 di wil Kabupaten Sanggau.

“Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mengacu kepada Permendagri No 66 Tahun 2021, Surat Edaran Menteri Agama No: SE. 31 Tahun 2021, Instruksi Gubernur Kalbar Nomor 443/4373/KESRA/2021 dan Perbup Sanggau Nomor 451/3722/ KESRA-A agar dapat disosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat dipedomani dalam perayaan Nataru,” ucapnya.

Polres Sanggau TMT tanggal 24 Desember 2021 s/d 2 Januari 2022 akan melaksanakan Operasi Lilin Kapuas-2021 dengan pelibatan Pers Res Sanggau bersama TNI, instansi serta Ormas dalam pelaksanaan Pam Ibadah Misa dengan sebanyak 78 Gereja menjadi prioritas fokus pengamanan.

“Dalam kesempatan kegiatan Rakor hari ini, Kapolda Kalbar akan hadir bersama kita tuk memberikan arahan dan penekanan dalam menghadapi NATARU,” ujar AKBP Ade Kuncoro.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Sanggau mengucapkan terimakasih kepada Kapolres dan jajaran selaku tuan rumah atas pelaksanaan Rakor linsek, unsur FORKOPIMDA, OPD Instansi Vertikal dan para tokoh yang telah hadir dalam kegiatan.

“Terimakasih kepada Kapolres Sanggau yang telah menindaklanjuti hasil Rakor ditingkat Provinsi terkait arahan Gubernur, Kapolda dan Pangdam dalam menghadapi NATARU di wilayah Kabupaten Sanggau.,” ucapnya.

“Saya telah mengeluarkan Perbup Sanggau Nomor 451/3722/ KESRA-A tanggal 16 Desember 2021 yang mengacu kepada Instruksi Gubernur Kalbar dalam Pelaksanaan Nataru di tengah Pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sanggau,” tambahnya.

Paolus Hadi mengungkapkan Perkembangan terakhir Covid-19 di kab sanggau kita masih mengejar capaian Vaksinasi sebesar 66% dari target 70 %.

“Saya minta agar Dinas / Instansi jajaran Pemkab Sanggau turut berpartisipasi aktif mendukung Pemerintah menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sesuai Tupoksi,” pesannya.

Bupati Sanggau menambahkan, Keterlibatan Ormas dan unsur Kepemudaan sangat diperlukan untuk turut terlibat dalam Rakor Linsek menghadapi NATARU diwilayah Kab Sanggau. Semoga perayaan Nataru di Wilayah Kab Sanggau dapat berjalan dengan aman dan kondusif dan tetap terhindar dari Penyebaran Covid-19.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Kabagops terkait Pelaksanaan Ops Terpusat Lilin Kapuas-2021 dan dilanjutkan dengan pemaparan dari berbagai Instansi terkait.

Sekira pukul 11.30 WIB, Kapolda Kalbar Irjen Pol. DR. Sigid Tri Hardjianto, S.H., M.Si., beserta Rombongan menghadiri kegiatan Rakor Lintas Sektoral untuk memberikan penekanan serta menutup rangkaian kegiatan.

Dalam arahannya, Kapolda Kalbar menyampaikan ucapan Terimakasih kepada jajaran Forkopimda Kabupaten Sanggau, Polres Sanggau, Para tokoh yang telah melaksanakan kegiatan Rakor Linsek menindaklanjuti Rakor Linsek yang telah dilakukan ditingkat Provinsi guna penyamaan persepsi dalam menghadapi NATARU di Wilayah Prov Kalbar, sangat mengapresiasi kegiatan rapat yg diselenggarakan, ini merupakan komitmen kita bersama yakni perayaan NATARU Aman dan Sehat, Pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

“Saya yakin Polres Sanggau telah bersinergi bersama dengan jajaran Forkopimda dan Dinas Instansi terkait telah maksimal dalam mempersiapkan NATARU agar dapat berjalan dengan aman di wilayah Kab Sanggau,” ucapnya.

Kapolda Kalbar meminta untuk Sesuaikan pelaksanaan ibadah dengan kapasitas tempat dan jumlah kehadiran di Tempat ibadah.

“Capaian vaksinasi di Kabupaten Sanggau sebesar 66 % akhir tahun yakin bIsa mencapai 70 %. Saya berharap Bupati bersama Forkompimda dapat mengerahkan segala upaya dalam mencapai target,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol. Sigid mengapresiasi kepada Forkopimda serta masyarakat Kabupaten Sanggau yang telah mendukung program Vaksinasi dan atas capaian vaksinasi, terus upayakan.

“Selama 2 Tahun mejabat di Kalbar, Provinsi Kalbar termasuk wilayah yang kondusif. Ini merupakan kontribusi serta keseriusan semua pihak dalamemjaga kondusifitas di wilayah Kalbar, terus dipertahankan dan ditingkatkan,” pesannya.

“Saya mohon pamit untuk bertugas di tempat yang baru dan meminta maaf jika selama bertugas di Polda Kalbar masih belum optimal. Secara keseluruhan saya mengapresiasi yang telah diselenggarakan oleh jajaran, mohon pamit, memohon maaf serta meminta doa dan dukungan agar ditempat baru selalu dalam lindungan Tuhan YME,” tutupnya.

Pelaksanaan kegiatan Rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilkum Polres Sanggau sebagai bentuk Penyamaan persepsi serta langkah kebijakan strategis sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam mengantisipasi Potensi Lonjakan Covid-19 menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Sanggau.(ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda