Sanggau post authorBob 22 Februari 2021

Sejak Diresmikan Hingga Januari 2021 MPP Sanggau Terbitkan 27.984 Dokumen

Photo of Sejak Diresmikan Hingga Januari 2021 MPP Sanggau Terbitkan 27.984 Dokumen Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius

Sejak diresmikan pada 10 Desember 2020, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau telah menerbitkan puluhan ribu dokumen. Hingga Januari 2021, sedikitnya 27.984 dokumen telah diterbitkan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius merinci dokumen yang sudah diterbitkan MPP, mulai 10 Desember 2020 sampai tanggal 30 Desember 2020 ada 13.232 dokumen. Penerbitan dokumen tersebut merupakan pelayanan yang diberikan 19 organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi yang ada di MPP. “Kemudian Januari 2021 ada 14.752 dokumen yang sudah dikeluarkan,” kata Alipius, Rabu (17/2).

Menurut dia, jumlah tersebut menunjukkan antusias masyarakat untuk mengurus dokumen di MPP cukup tinggi, sekitar 300 orang per hari. “Memang ada beberapa kemudahan yang kita berikan, termasuk akses yang strategis. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengurus urusan yang diperlukan, mulai dari urusan kependudukan sampai urusan-urusan perizinan,” ujar Alipius.

Dia mengungkapkan, instansi yang paling sering dikunjungi adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). “Berkaitan dengan pajak. Dengan banyaknya orang membayar pajak, artinya pendapatan daerah juga meningkat. Yang kedua, yang banyak itu pelayanan kependudukan. Karena melayani dokumen dari orang lahir hingga akta kematian, termasuk juga akta perkawinan,” beber Alipius.

Untuk dokumen yang diterbitkan pada Februari 2021, dia mengaku belum direkap. Namun, jumlahnya dikisaran 14-15 ribuan. “Ini baru kita ambil angka rata-ratanya, karena baru dua bulan berjalan. Ini jauh sekali dari MPP Singkawang yang pertama kali dibuka. Di Singkawang selama September 2020 sampai dibuka, mungkin baru sekitar dua ribu sampai tiga ribu orang. Jauh dari peningkatan kita,” kata Alipius.

Dalam waktu dekat, dia menyebut, pihaknya akan menerima kunjungan dari Bupati Mempawah dan Pemkab Sekadau. “Dari Bupati Mempawah dan sudah menyampaikan surat ke kita. Dari Sekadau juga sudah menyampaikan. Malah dari Sekadau maunya besok. Tapi kita minta tanggal 22 Februari lah, karena ada kegiatan lain yang harus kita persiapkan,” ucap Alipius.

Sejak MPP dibuka hingga sekarang, dia menyampaikan, tidak ada kendala yang berarti dalam pelayanan yang diberikan MPP. Semuanya berjalan sesuai SOP yang sudah ditetapkan. Ke depan, MPP akan terus ditingkatkan. Utamanya soal fisik dan sarana, prasarananya. 

“Sesuai standar yang ditetapkan MenPAN-RB. MPP ini kan pelayanan yang bersifat modern. Tentunya fasilitasnya harus disesuaikan dengan bangunan modern. Kita juga sudah mendapat support dari pimpinan, dari pak Bupati juga, mungkin tahun 2022 nanti bangunan ini akan dilakukan renovasi, terutama lantai atas, nanti akan diperbaharui, termasuk juga tampilan depan. Karena tampilan depan itu penting, untuk menunjukkan bahwa bangunan itu modern, apalagi setingkat mal, bangunannya harus megah,” tutupnya.(jul)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda