Sanggau post authorKiwi 22 Maret 2023

Sambut Ramadan 1444 H, Ribuan Warga Sanggau Pawai Obor Turun ke Jalan

Photo of Sambut Ramadan 1444 H, Ribuan Warga Sanggau Pawai Obor Turun ke Jalan Sambut Ramadan 1444 H, Ribuan Warga Sanggau Pawai Obor Turun ke Jalan

SANGGAU,SP- Ribuan warga kabupaten Sanggau darl berbagai organisasi masyarakat (ormas) islam dan masyarakat memeriahkan pawai obor menyambut bulan suci ramadhan 1444H. Kegiatan tersebut sekaligus HUT ke-407 Kota Sanggau, Selasa (21/3/2023) malam.

Acara pawai obor yang sudah menjadi tradisi warga kabupaten Sanggau ini dilaksanakan di halaman Istana Surya Negara Sanggau, dibuka secara langsung oleh Bupati Sanggau yang diwakili oleh Asisten III Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau H. Burhanuddin, Dandim 1204/Sanggau Letkol. Inf Yuda Bayu Pratama, Kasat Binmas Polres Sanggau AKP. Sukiswandi dan Sejumlah perwakilan Forkompimda lainnya.

Pangeran Ratu Surya Negara, H. Gusti Arman menyampaikan, kegiatan pawai obor menyambut bulan suci ramadhan ini sudah dilaksanakam dua tahun terakhir ini merupakan momentum untuk mengingatkan umat muslim agar khusuk melaksanakan ibadah puasa.

"Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus kecintaan kita kepada Sanggau yang segera memasuki usia yang ke-407,," kata Gusti Arman.

Kepada peserta yang mengikuti pawai obor, Raja Sanggau itu mengingatkan untuk selalu menjaga nama baik umat islam selama pawai dijalan raya tertib dan santun.

"Saya himbau kepada peserta pawai obor ini untuk selalu menunjukan bahwa kita umat muslim yang santun, toleransi dan rahmatallill'alamin, jangan melakukan hal-hal yang bukan-bukan," pesan Raja Sanggau.

Pak Teh, sapaan akrabnya itu memastikan bahwa kegiatan pawai obor akan menjadi agenda rutin seluruh umat islam di Sanggau dalam rangka menyambut bulan penuh rahmat yakni bulan ramadan.

"Kami berterimakasih juga kepada Pemerintah daerah Kabupaten Sanggau yang mendukung penuh kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik dan semoga tahun depan mendapatkan suport anggaran," pungkasnya

Asisten III Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau H. Burhanuddin yang mewakili bupati sanggau menyampaikan, bahwa Pemerintah daerah memberikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya pawai obor. Pawai ini merupakan implementasi dari seven brand image Sanggau berbudaya dan beriman (Budiman).

"Saya berharap untuk tahun depan pelaksanaan pawai obor ini harus lebih sempurna lagi, karena tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaannya, tapi secara keseluruhan pelaksanaannya sudah sangat baik semoga kedepannya akan lebih baik, "katanya.

Dalam kegiatan pawai obor ini Burhan menegaskan, bahwa Pemda Sanggau akan berupaya menganggarkan pelaksanaan pawai obor ditahun depan sebagai upaya pemberdayaan umat.

"Kalau umatnya baik tentu pembangunan juga akan berjalan dengan baik. Oleh karenanya kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama harus kita jaga dan pelihara bersama untuk Sanggau lebih baik," Tegasnya.

Sementara itu, Ketua Madjlis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten Sanggau Budi Darmawan mewakili ormas islam lainnya menyampaikan, terlaksananya pawai obor yang diprakarsai oleh pangeran ratu istana surya negara serta dukungan penuh Pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan seluruh ormas islam, paguyuban dan satuan pendidikan yang ikut meramaikan pawai obor ini.

"Selain menyambut ramadhan, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT ke-407 kota Sanggau. Harapan saya kedepannya kepada Pemda agar kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin Pemda bersama Istana Surya Negara dan Ormas Islam agar pelaksanaannya nanti bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Terkait jumlah peserta pawai obor dan rute Budi menjelaskan, dalam acara pawai obor menyambut bulan suci ramadhan ini sekitar 2000-5000 peserta yang mengikuti baik itu dari anak anak, dewasa sampai ke orang tua dengan pawai secara berjalan kaki mengelilingi kota Sanggau.

"Waduh kalo kita lihat untuk peserta pawai obor ini ada ribuan warga masyarakat kota Sanggau umat muslim turun, dari anak kecil, dewasa hingga orang tua melakukan keliling kota sanggau dengan berjalan kaki dengan membawa obor. Dan rute yang peserta lalui dari keraton-kantu-jalan ahmad yani-jalan sudirman-jalan kartini sampai dermaga erna-jalan pangeran emas dan arah ke Keraton kembali. Dalam pelaksanaan pawai obor ribuan warga itu mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian serta TNI dan pengaman dari masing masing Ormas islam," Jelas Budi.

Pantauan suara pemred di lapangan, dimulainya pawai obor dari keraton surya negara Sanggau terlihat seluruh warga memadati pinggiran jalan untuk menyaksikan pawai obor melintas, ribuan peserta berbondong bondong dengan jalan kaki sambil membawa obor. Kegiatan pawai obor yang memadati kawasan jalan kota Sanggau ini mendapat pengaman dari pihak kepolisian, TNI serta anggota ormas. (Dit)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda