Sanggau post authorKiwi 24 Februari 2021 50

Upaya Peningkatan SDM, Dewan Minta Pemprov Bangun SMA Negeri di Entikong

Photo of Upaya Peningkatan SDM, Dewan Minta Pemprov Bangun SMA Negeri di Entikong Potret sekolah di perbatasan dan pedalaman kalbar. ist

SANGGAU, SP - Wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Sanggau hingga kini belum memiliki SMA negeri. Untuk itu, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar segera merealisasikan pembangunan SMA negeri di Kecamatan Entikong.

“Keberadaan SMA negeri sangat dibutuhkan di Kecamatan Entikong. Apalagi dengan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi, jika sudah ada SMA tentunya sangat membantu,” katanya, Selasa (23/2).

Oleh karen itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau ini berharap, kebutuhan akan SMA negeri di wilayah perbatasan bisa segera direalisasikan Pemprov Kalbar. “Harapan kita SMA negeri di Entikong segera terealisasi. Apalagi sekolah pendukungnya juga sudah siap, ada lima SMP negeri disana,” ujar Jumadi.

Dukungan agar Pemprov Kalbar membangun SMA negeri di Entikong juga disampaikan anggota DPRD Sanggau, Edi Emilianus. “Entikong adalah beranda depan perbatasan RI-Malaysia, sehingga sangat layak dibangun SMA negeri dalam rangka meningkatkan SDM di perbatasan,” ucapnya.

Edi mengungkapkan, saat ini hanya ada SMK di Entikong. Sementara masyarakat disana juga menginginkan SMA negeri. “Disana ada lima SMP negeri, artinya sekolah pendukung sudah ada. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau juga sudah mengeluarkan rekomendasi, selanjutnya rekomendasi bupati,” jelasnya.

Pengelolaan SMA/SMK, ditambahkan Edi, menjadi kewenangan Pemprov Kalbar. Sehingga kabupaten sifatnya hanya mengusulkan saja. “Saat ini usulannya masih berproses. Mudah-mudahan segera rampung, sehingga impian masyarakat Entikong punya SMA negeri segera terealisasi,” pungkasnya.

Disetujui Disdikbud Sanggau

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sanggau telah memberikan rekomendasi dan persetujuan dibangunnya SMA negeri di Entikong. Rekomendasi itu diberikan atas dasar surat permohonan rekomendasi pendirian sekolah baru, yang disampaikan Ketua

Pengelola Pendirian SMA Negeri 1 Entikong pada 15 Februari 2021.

Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau, Sudarsono mengatakan, rekomendasi dan persetujuan itu diberikan, karena memang Kecamatan Entikong sampai saat ini belum memiliki SMA negeri. Pertimbangan lainnya, Entikong memiliki enam sekolah pendukung, yakni lima SMP negeri dan satu MTS swasta dengan jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 282 orang.

Menurut Sudarsono, peserta didik lulusan yang berasal dari enam sekolah pendukung tersebut harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA, yakni ke Kecamatan Sekayam.

“Pertimbangan lainnya adalah dalam rangka meningkatkan, dan mendekatkan akses pemerataan layanan pendidikan dan mengurangi angka putus sekolah, khususnya di wilayah perbatasan,” tutup Sudarsono.(jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda