Sanggau post authorKiwi 23 Juni 2021

Bupati PH Luncurkan Layanan Bayar PBB-P2 dan BPHTB Secara Elektronik

Photo of Bupati PH Luncurkan Layanan Bayar PBB-P2 dan BPHTB Secara Elektronik Bupati Sanggau Paolus Hadi menekan tombol sirine sebagai tanda peluncuran pembayaran PBB-P2 dan BPHTB secara elektronik melalui ATM dan Mobile Banking Bank Kalbar.

SANGGAU, SP - Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) meluncurkan pembayaran Pajak Bumi dan Banunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara elektronik melalui ATM dan Mobile Banking Bank Kalbar. Peluncuran sistem pembayaran dua pajak daerah ini digelar di Aula Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat, Rabu (23/6/2021).

Tampak hadir pada acara peluncuran Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi, Kepala Bank Kalbar Cabang Sanggau Bahtiar, Kajari Sanggau Tengku Firdaus, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Affiansyah, Wakapolres Sanggau Kompol Agus Dwi Cahyono, anggota DPRD Kabupaten Sanggau Yeremias Marsilinus Kocan, Kepala Bapenda Kabupaten Sanggau Wellem Suherman serta sejumlah kepala perangkat daerah lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Bapenda Kabupaten Sanggau Wellem Suherman menyebut, peluncuran ini untuk memberikan informasi kepada publik sehubungan dengan pembayaran pajak daerah sudah dapat dilakukan secara elektronik melalui ATM dan Mobile Banking Bank Kalbar untuk pajak PBB-P2 dan BPHTB.

Ia mengatakan, layanan ini untuk percepatan dan perluasan digitalisasi daerah sesuai dengan arahan Presiden RI dan Bank Indonesia sebagai tindak lanjut monitoring evaluasi Korsup KPK dalam rangka optimalisasi pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah.

“Ini juga sebagai bentuk transparansi pengelolaan perpajakan daerah yang sudah menggunakan sistem yang terkoneksi dengan kas daerah melalui Bank Kalbar,” ujar Wellem.

Seiring dengan perkembangan informasi teknologi, disampaikan dia, daerah dituntut untuk melaksanakan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah. Oleh Karena itu, Pemkab Sanggau melalui Bapenda bekerja sama dengan Bank Kalbar yang dibantu oleh konsultan informasi teknologi membuat aplikasi layanan pembayaran pajak daerah secara elektronik.

“Ini mempermudah wajib pajak membayar kewajibannya selaku warga negara. Dengan begitu masyarakat turut berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan dengan cara membayar pajak daerah,” kata Wellem.

Sementara itu, Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi mengatakan, sistem pembayaran pajak daerah ini merupakan teknologi terbaru sebagai pengembangan sistem yang telah terintegrasi ke dalam sistem Bank Kalbar.

Dengan diluncurkannya sistem pembayaran pajak daerah ini, lanjut dia, maka akan membantu wajib pajak untuk melakukan pembayaran secara mudah, cepat, transparan. dan bisa diakses dimana saja. Seperti misalnya melalui smartphone dan semua e-Chanel Bank Kalbar, ATM, CDM, CRM, Teller dan Mobile Banking Bank Kalbar.

“Ini untuk mendukung Pemkab Sanggau dalam rangka percepatan transaksi elektronik,” katanya.

Dalam peluncuran itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengatakan, PBB-P2 dan BPHTB memberikan kontribusi sebesar 7,2 persen bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sebesar 7,2 persen yang telah dibantu oleh orang Sanggau ini, harus kita gunakan maksimal supaya betul-betul bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Namun demikian, Bupati Sanggau dua periode ini meminta agar kepatuhan wajib pajak terus ditingkatkan.

“Saya tahu masih ada tunggakan pajak dan retribusi, maka itulah yang harus kita dorong. Perlu disampaikan bahwa kita serius untuk menggunakan anggaran dari keringat masyarakat yang dibayar ke kita untuk mengurus Sanggau ini,” ucapnya.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat membayar pajak dan rertibusi, maka banyak pula pembangunan yang bisa dilakukan.

“Saya berharap Kabupaten Sanggau semakin berjaya dengan banyaknya masyarakat yang sadar membayar pajak. Tentunya ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari visi Sanggau Maju dan Terdepan,” pungkas PH. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda