Sanggau post authorKiwi 24 Mei 2023

Banyak Perusahaan Kelapa Sawit di Sanggau Masih Bermasalah

Photo of Banyak Perusahaan Kelapa Sawit di Sanggau Masih Bermasalah Syafriansyah, Kadisbunak kabupaten Sanggau.

SANGGAU,SP- Menurut data yang cukup terkait investasi perkebunan kelapa sawit di kabupaten sanggau sangat mengejutkan. Karena sesuai data yang ada sekitar 43 perusahaan kelapa sawit di kabupaten terkoreksi bermasalah. Hal ini dibenarkan oleh kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau. H Syafriansyah . Dan persoalan yang kini menjadi catatan pemerintah kabupaten Sanggau

"Mayoritas perusahaan perkebunan kelapa sawit itu menghadapi persoalannya sendiri. Ada yang berat seperti kelemahan managemen dalam pengelolaan kebun yang dapat menyebabkan kebun tidak standar, ada masalah konflik sosial, ada masalah kemitraan yang tidak harmonis menyebabkan hak dan kewajiban yang belum terpenuhi, termasuk masalah kriminal seperti pencurian buah," kata Syafriansyah.

Kemudian, Syafriansyah melanjutkan, ada juga persoalan IUP yang sebagian wilayahnya terlantar karena belum dikelola sesuai peruntukannya, dan ada juga persoalan HGU.

"Bahkan ada yang dikelola secara tidak profesional, kebun terlantar serta hak masyarakat plasma tidak dipenuhi. Dan yang paling parah lagi ada sebagian kebun plasma yang masuk kawasan hutan. Ini baru sebagian persoalan yang kami sampaikan, masih banyak persoalan lain yang memang harus segera diselesaikan," ungkapnya.

Syafriansyah mengakui bahwa pihaknya telah berusaha mengingatkan kepada seluruh perusahaan perusahaan kelapa sawit yang sedang bermasalah agar menindaklanjuti temuan dimaksud.

"Kami mengajak semua pihak terkait terutama perusahaan dan perkebunan untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut sehingga pembangunan perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sanggau segera terwujud," pungkasnya. (Dit)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda