Sanggau post authorKiwi 24 November 2022

KPU Sanggau Umumkan Dua Rancangan Dapil Pileg 2024, Ada Opsi Penambahan Dapil

Photo of KPU Sanggau Umumkan Dua Rancangan Dapil Pileg 2024, Ada Opsi Penambahan Dapil Iis Supianto

Sanggau, SP - KPU Kabupaten Sanggau telah mengumumkan dua rancangan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Sanggau untuk Pileg 2024. Dua rancangan Dapil tersebut tertuang dalam pengumuman KPU Kabupaten Sanggau Nomor : 466/PL.01.3-Pu/6103/2022 tanggal 23 November 2022.

Rancangan 1 terdiri dari 5 Dapil. Yaitu Sanggau 1 (Kapuas) dengan alokasi 7 kursi, Sanggau 2 (Tayan Hilir, Toba, Meliau) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 3 (Parindu, Tayan Hulu, Balai) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 4 (Noyan, Beduai, Sekayam, Kembayan, Entikong) dengan alokasi 9 kursi, dan Sanggau 5 (Mukok, Jangkang, Bonti) dengan alokasi 6 kursi.

Sementara rancangan 2 terdiri dari 6 Dapil. Yaitu Sanggau 1 (Kapuas) dengan alokasi 7 kursi, Sanggau 2 (Tayan Hilir, Toba, Meliau) dengan alokasi 8 kursi, Sanggau 3 (Parindu, Tayan Hulu, Balai) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 4 (Noyan, Beduai, Kembayan) dengan alokasi 5 kursi, Sanggau 5 (Sekayam, Entikong) dengan alokasi 5 kursi, dan Sanggau 6 (Mukok, Jangkang, Bonti) dengan alokasi 6 kursi.

Komisioner KPU Kabupaten Sanggau Iis Supianto mengatakan, rancangan 1 mengacu pada Pemilu 2019 dan rancangan 2 yang ditawarkan KPU Sanggau ada penambahan satu daerah pemilihan.

"Jumlah alokasi kursi tetap 40, dan rancangan ini juga berdasarkan PKPU Nomor 6 tahun 2022 yang wajib memperhatikan tujuh prinsip penataan daerah pemilihan," ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Tujuh prinsip penataan daerah pemilihan tersebut, dikatakan Iis, yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Opsi rancangan daerah pemilihan tersebut, dia bilang, merupakan rancangan yang akan diuji publik. Uji publik ini nantinya akan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

"Sekali lagi kami tegaskan bahwa KPU Sanggau belum pada posisi mengubah dapil, tapi lebih kepada mencoba menambahkan opsi terhadap rancangan dapil, dari yang satu rancangan sesuai Pemilu 2019 ditambahkan opsi tambahannya untuk Pemilu 2024. Itu nanti berdasarkan uji publik dan masukan-masukan masyarakat yang akan menjadi parameter penetapannya nanti," terangnya.

Kemudian, Iis menambahkan, KPU akan menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait untuk meminta pendapat maupun tanggapan terkait opsi tersebut. KPU juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan.

"Masyarakat juga dipersilakan menyampaikan saran, pendapat dan kritik terhadap opsi rancangan tersebut ke Kantor KPU Kabupaten Sanggau atau melalui laman helpdesk.kpu.go.id/tanggapan mulai tanggal 23 November sampai dengan 6 Desember 2022," pungkasnya. (jul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda