Sanggau post authorKiwi 24 November 2022

Sanggau Nihil Kasus Polio

Photo of Sanggau Nihil Kasus Polio Sarimin Sitepu

Sanggau, SP - Hingga November 2022, kasus polio tidak ditemukan di Kabupaten Sanggau. Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Polia.

Penyakit ini menyerang fungsi sistem saraf yang menyebabkan pengidapnya akan mengalami kelumpuhan bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Surveilans termasuk aktif untuk memonitoring melalui pengambilan sampel yang selalu kita kirimkan ke laboratorium minimal tiga sampel dalam setahun. Sejauh ini, hasilnya masih negatif," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu, Kamis (24/11/2022).

Dikatakannya, meski dalam setahun biasanya hanya diminta pengiriman tiga sampel. Pihaknya, terkadang mengirimkan empat hingga lima sampel untuk melihat lebih jauh perkembangan polio di Kabupaten Sanggau.

Sejauh ini, Sarimin menyebut, tidak ada tim khusus yang dibentuk terkait kondisi polio yang menjadi isu nasional. Dinkes Sanggau, dia bilang, memaksimalkan tenaga di Puskesmas untuk terus memonitoring di wilayahnya.

"Kalau tim khusus tidak ada. Rekan-rekan petugas di Puskesmas yang menjadi ujung tombak untuk monitoring. Apabila ada temuan mesti segera dilaporkan agar dapat diambil langkah penanganan segera," ujar Sarimin.

Ia juga menekankan agar pola hidup bersih dan sehat (PHBS) harus tetap menjadi panduan bagi masyarakat. PHBS juga mesti terus diedukasi kepada masyarakat oleh para petugas kesehatan di Puskesmas, sehingga polio bisa diantisipasi sedini mungkin.

"Mudah-mudahan dengan pola-pola dan strategi yang selama ini dilakukan bisa mencegah keberadaan polio di Sanggau. Terpenting adalah bagaimana kita semua bisa menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Sarimin. (jul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda