Sanggau post authorKiwi 24 November 2022

Soal Rancangan Dapil Pileg 2024, Bupati PH: Pesan Saya, Ini Harus Dibahas Bersama

Photo of Soal Rancangan Dapil Pileg 2024, Bupati PH: Pesan Saya, Ini Harus Dibahas Bersama Paolus Hadi

Sanggau, SP - KPU Kabupaten Sanggau mengajukan dua rancangan Daerah Pemilih (Dapil) untuk Pileg 2024. Rancangan 1 masih mengacu Pileg 2019 dan rancangan 2 terdapat opsi penambahan satu Dapil.

Dua rancangan Dapil dan alokasi kursi itu pun telah diumumkan KPU Kabupaten Sanggau melalui pengumuman KPU Kabupaten Sanggau Nomor : 466/PL.01.3-Pu/6103/2022 tanggal 23 November 2022.

Diminta tanggapannya terkait opsi rancangan penambahan Dapil, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengatakan, belum mendapat pernyataan resmi dari KPU Sanggau terkait opsi penambahan dapil tersebut.

"Saya ada dapat informasi (penambahan Dapil), tapi belum mendengar pernyataan resmi dari KPU Sanggau terkait wacana tersebut," ujar PH usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kabupaten Sanggau, Kamis (24/11/2022).

Bupati Sanggau dua periode ini menyebut, sepanjang opsi KPU tersebut mendapat persetujuan publik, termasuk para kontestan (Pemilu 2024) dengan berbagai pertimbangannya, Pemerintah Kabupaten Sanggau mempersilakan untuk dibahas.

"Saya sebagai bupati kan tidak punya kewenangan untuk intervensi. Tapi jika memang ini sudah waktunya untuk dibahas silakan dibahas. Pesan saya sebagai pemerintah daerah, ini harus dibahas bersama," pungkasnya.

Sekedar informasi, rancangan 1 terdiri dari 5 Dapil. Yaitu Sanggau 1 (Kapuas) dengan alokasi 7 kursi, Sanggau 2 (Tayan Hilir, Toba, Meliau) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 3 (Parindu, Tayan Hulu, Balai) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 4 (Noyan, Beduai, Sekayam, Kembayan, Entikong) dengan alokasi 9 kursi, dan Sanggau 5 (Mukok, Jangkang, Bonti) dengan alokasi 6 kursi.

Sementara rancangan 2 terdiri dari 6 Dapil. Yaitu Sanggau 1 (Kapuas) dengan alokasi 7 kursi, Sanggau 2 (Tayan Hilir, Toba, Meliau) dengan alokasi 8 kursi, Sanggau 3 (Parindu, Tayan Hulu, Balai) dengan alokasi 9 kursi, Sanggau 4 (Noyan, Beduai, Kembayan) dengan alokasi 5 kursi, Sanggau 5 (Sekayam, Entikong) dengan alokasi 5 kursi, dan Sanggau 6 (Mukok, Jangkang, Bonti) dengan alokasi 6 kursi. (jul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda