Sanggau post authorKiwi 27 November 2022

Bupati PH Buka Open Turnamen Menyumpit se-Kalbar

Photo of Bupati PH Buka Open Turnamen Menyumpit se-Kalbar Bupati Sanggau Paolus Hadi memberikan sambutan saat membuka Open Turnamen Menyumpit se-Kalbar di GOR Indoor Bujang Malaka, Sanggau, Sabtu (26/11/2022).

Sanggau, SP - Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) membuka Open Turnamen Menyumpit se-Kalbar di GOR Indoor Bujang Malaka, Sanggau, Sabtu (26/11/2022). Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-6 Persatuan Olahraga Sumpit Kabupaten Sanggau dan Hari Pahlawan Nasional 2022.

Lomba ini diikuti peserta dari Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Landak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan Kota Singkawang. Sebanyak 36 peserta mengikuti lomba kategori perorangan putra, 21 peserta mengikuti lomba kategori perorangan putri dan 20 peserta mengikuti lomba beregu campuran.

PH dalam sambutannya mengapresiasi lomba menyumpit yang digelar di Kabupaten Sanggau. "Selaku pembina KORMI Sanggau, saya merasa senang melihat tim sumpit selalu kompak. Tentu sebagai keluarga besar sumpit Kalbar selalu memberi semangat baru untuk mengabadikan nilai-nilai tradisi yang ada. Karena sumpit mengandung banyak unsur, baik itu seni, budaya, juga ketangkasan dan seterusnya," ujarnya.

Bupati Sanggau dua periode ini menyebut, sumpit merupakan senjata tradisional masyarakat Kalimantan, yang pada zaman dahulu digunakan sebagai alat berburu dan melawan penjajah.

Namun seiring perkembangan zaman, PH bilang, sumpit mengalami perubahan fungsi sebagai seni ketangkasan tradisional, serta dilombakan di tingkat daerah dan nasional bahkan internasional.

“lomba ini juga untuk melestarikan budaya daerah dan nilai kearifan lokal. Kita ingin menyampaikan kepada generasi muda bahwa kita punya kearifan lokal yang bernilai tinggi seperti menyumpit ini," ucapnya.

Kepada peserta lomba menyumpit, PH menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding. "Jaga sportivitas, jalin kebersamaan antar tim, tetap solid dan raihlah prestasi," ucapnya.

Pada kesempatan itu Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sanggau Epifania Ratih Kumala Dewi menerangkan sekilas tentang KORMI.

"Banyak yang bertanya-tanya apa itu KORMI, nah Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau sebelumnya bernama Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia," katanya.

Adapun tujuan KORMI, dikatakan Ratih, untuk mensosialisasikan dan mengembangkan olahraga rekreasi masyarakat dengan membentuk wadah bagi komunitas atau perkumpulan olahraga rekreasi di lingkungan masyarakat di bawah pembinaan KORMI Kabupaten Sanggau.

"Ini adalah momentum yang sangat berharga bagi kelangsungan prestasi olahraga di Kabupaten Sanggau. Oleh karena itu KORMI mempunyai tugas dan peran yang besar dalam membantu pemerintah menentukan arah kebijakan terkait pengelolaan, pengembangan dan pembinaan serta pengembangan olahraga rekreasi masyarakat di Sanggau," pungkasnya. (jul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda