Sanggau post authorKiwi 28 Maret 2023

Bangunan di Atas DAS, Dewan Akan Panggil Dinas Cipta Karya Sanggau

Photo of Bangunan di Atas DAS, Dewan Akan Panggil Dinas Cipta Karya Sanggau Ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Sanggau, Sabinus Kimsuan

SANGGAU,SP - Menanggapi hebohnya beberapa bangunan permanen di atas Dearah Aliran Sungai (DAS) salah satunya Aula hotel pantai mutiara, Ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Sanggau, Sabinus Kimsuan angkat bicara, desak pemerintah daerah sanggau atau dinas cipta karya sanggau segera menertibkan bangunan permanen yang didirikan di atas daerah aliran sungai (DAS). Hal itu untuk mencegah terjadinya musibah penyumbatan aliran sungai yang membahayakan masyarakat sekitar.

"Saya anggota DPRD sanggau komisi 1 mendesak pemda dan dinas cipta karya untuk cepat bertindak terkait Beberapa bangunan di sepanjang DAS masih banyak terlihat. Contohnya seperti Aula hotel pantai mutiara mereka membuat pas di atas DAS itu sudah melanggar aturan dan cepat di tindak," kata Anggota DPRD Sanggau.

Anggota DPRD kabupaten Sanggau dari partai Hanura ini menyatakan, berdasarkan Perda IMB Pemkab Sanggau, untuk pinggiran DAS sudah jelas dilarang ada bangunan baru apalagi di atas DAS. Dengan adanya bangunan aula di atas DAS tersebut akan menyulitkan para pekerja cipta karya yang melakukan normalisasi.

'Soal aula hotel pantai mutiara atau ada beberapa bangunan baru di sepanjang DAS yang ada di Sanggau agar diperhatikan oleh pemerintah daerah, dan cepat ditertipkan.karena akan terpengaruh besar ada aliran sungai," tuturnya.

Untuk itu, dia meminta Pemda Sanggau secepatnya bertindak tegas terhadap keberadaan bangunan permanen di DAS tersebut. Jika tidak diantisipasi sedini mungkin maka ditakutkan akan terus bertambah banyak bangunan baru.

"Kalau didiamkan terus seperti itu akan banyak lagi bangunan bangunan yang berdiri di DAS itu. Pemda sanggau khususnya dinas cipta karya Sanggau gerak cepat berikan imbauan dan larangan demi kebaikan seharusnya bisa didengarkan juga oleh masyarakat pemilik bangunan itu," katanya.

Untuk selanjutnya, Sabinus Kimsuan menegaskan, dirinya sebagai Ketua komisi 1 DPRD kabupaten Sanggau akan melakukan rapat komisi membahas terkait beberapa bangunan permanen di atas DAS tersebut selain itu juga kan melakukan pemanggilan kepala dinas cipta karya dalam hal itu,

"Nanti akan kita rapat kan di komisi 1 DPRD terkait bangunan permanen Aula hotel pantai mutiara itu. Dan kita panggil juga kepala dinas cipta karya dan selanjutkan kami tim dari anggota DPRD akan turun sidak ke lokasi," Tegasnya. (Dit)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda