Sanggau post authorKiwi 30 Juni 2020 30

BMKG Pasang WRS NewGen di Sanggau

Photo of BMKG Pasang WRS NewGen di Sanggau ALAT - Alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami atau Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen) terpasang di Sektetariat TRC Kabupaten Sanggau.

Sanggau, SP - Kabupaten Sanggau kini sudah memiliki alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami atau Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen). Bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) itu ditempatkan di Sekretariat TCR Kabupaten Sanggau.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Siron mengatakan, tidak mengetahui urgensi kedatangan alat deteksi gempa yang diterimanya dari BMKG Pusat tersebut.

“Itu murni bantuan pusat. Kami tidak tahu bagaimana prosesnya. Untuk prosedurnya pun kami juga tidak tahu. Mereka datang lalu masang alat itu, kami hanya nyiapkan tempat. Yakni di TRC. Dan untuk operasional langsung dari pusat,” katanya, Senin (29/6).

Kedatangan alat deteksi gempat itu diapresiasi Bupati Sanggau, Paolus Hadi (PH). Ia mengaku bersyukur mendapat bantuan tersebut. “Terima kasih sudah dibantu, walaupun kita zona aman dari gempa, tapi itupun harus kita analisa lagi, masalahnya di Sintang itu kan pernah ada kejadian yang menurut orang gempa. Dengan adanya alat ini, nanti bisa terdeteksi,” jelasnya.

Namun, Bupati Sanggau dua periode ini sangat berharap, peralatan lain seperti pemantau cuaca atau pendeteksi banjir, longsor juga bisa dibantu ke Sanggau, karena sangat dibutuhkan. “Karena potensi kita, banjir dan longsor. Kalau alat itu dibantu tentu sangat berguna,” ucap PH.

Sementara itu, Koordinator Teknis Pemasangan Alat Informasi Gempa, Riyan Mahaga dikonfirmasi via selular, Senin (29/6) mengaku tidak mengetahui urgensi peralatan tersebut dikirim ke Sanggau. “Saya kurang tahu. Silakan ditanyakan ke BMKG Pusat, karena kalau dari saya dan tim hanya untuk pemasangan WRS NewGen saja,” ujarnya.

Fungsi alat tersebut diterangkannya, hanya sebatas menerima informasi gempa di seluruh Indonesia dan Asia Pasifik. Selain Sanggau, Kabupaten Ketapang juga dikatakannya mendapatkan peralatan tersebut.(jul/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda