Sanggau post authorKiwi 30 Juli 2020 46

Salat Iduladha di Halaman Kantor Bupati Sanggau Ditiadakan

Photo of Salat Iduladha di Halaman Kantor Bupati Sanggau Ditiadakan RAPAT - PHBI Kabupaten Sanggau menggelar rapat terkait rencana pelaksanaan salat Iduladha 1441 Hijriah, Selasa (28/7) malam. 

Sanggau, SP - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau mengkonfirmasi pelaksanaan salat Iduladha 1441Hijriah/2020 Masehi di halaman Kantor Bupati Sanggau ditiadakan. Kepastian itu disampaikan Sekretaris Umum PHBI Kabupaten Sanggau, H Jufrie setelah menggelar rapat bersama pengurus PHBI, Selasa (28/7).

“Saya tegaskan bahwa yang tidak dilaksanakan itu salat Id yang di lapangan (halaman Kantor Bupati Sanggau, red) ya, karena memang selama ini PHBI yang memfasilitasi. Tapi untuk masjid atau surau bukan kewenangan PHBI, silakan tanyakan dengan masjid atau surau masing-masing,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/7).

Jufrie mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar belum bisa dilaksanakannya salat Iduladha yang difasilitasi PHBI Kabupaten Sanggau. Pertama, berdasarkan konfirmasi langsung kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting bahwa Sanggau berada di zona kuning.

Kedua, lanjut dia, rencana lokasi salat Iduladha yang berada di tengah kota Sanggau yang juga merupakan pelintasan beberapa kabupaten, sehingga sangat rentan terhadap penyebaran Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Ketiga, memperhatikan Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 18 Tahun 2020 berkenaan teknis pelaksanaan protokol kesehatan yang memerlukan waktu dengan jumlah jemaah yang banyak.

Keempat, sambung Jufrie, keselamatan masyarakat kota Sanggau saat berbaur dengan masyarakat Sanggau yang telah kontak dengan masyarakat yang datang dari luar. Kelima, kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga penyiapan lapangan yang menjadi lokasi salat Iduladha tidak dapat disiapkan maksimal.

Terpisah, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) menyampaikan terima kasih kepada PHBI yang telah memahami kondisi Sanggau terkait risiko penyebaran Covid-19.  “Sanggau ini masih berada di zona kuning, jadi kita semua harus waspada. Silakan nanti masyarakat yang ingin salat Iduladha di masjid-masjid yang menyelenggarakan, terutama Masjid Agung yang sudah kita izinkan,” katanya.

Masyarakat yang akan melaksanakan salat Iduladha di masjid atau surau yang telah mendapat izin dari pemerintah daerah, PH mengingatkan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Silakan laksanakan salat Id, tapi saya mengimbau ayo kita patuhi protokol kesehatan. Jangan anggap remeh protokol kesehatan yang ada,” pungkas Bupati. (jul/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda