Sekadau post authorKiwi 08 Agustus 2020

Investasi Picu Pertumbuhan Ekonomi Sekadau

Photo of Investasi Picu Pertumbuhan Ekonomi Sekadau RAKOR - Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Kepala DPMPTK Sekadau, Agustus Agus saat menghadiri Rakor Pembahasan Pengembangan Potensi dan Peluang Investasi Kabupaten Sekadau di Ruang Rapat Wakil Bupati Sekadau, Kamis (6/8).

SEKADAU, SP – Meningkatkan pertumbuhan investasi akan berpengaruh kepada perekonomian Kabupaten Sekadau. Untuk itu, perlu disusun skala prioritas investasi unggulan yang paling potensial untuk dikembangkan dan dipromosikan dilihat dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan kendala yang dimiliki daerah.

"Perlu ada data dan informasi mengenai potensi, dan peluang investasi Kabupaten Sekadau yang aktual dan valid," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Kabupaten Sekadau, Agustus Agus saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Pengembangan Potensi dan Peluang Investasi Kabupaten Sekadau di Ruang Rapat Wakil Bupati Sekadau, Komplek Pemda Sekadau, Kalbar, Kamis (6/8).

Dia berharap, rakor yang dilaksanakan menjadi langkah awal agar potensi-potensi investasi yang ada di Kabupaten Sekadau dapat dikembangkan secara maksimal.

Harapan serupa disampaikan Bupati Sekadau, Rupinus. Menurutnya, salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi adalah investasi. Pertumbuhan investasi akan meningkatkan kapasitas produksi, sehingga meningkatkan ketersediaan barang dan jasa.

"Sejak otonomi daerah, pemerintah daerah dituntut berpacu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif, dan menyusun strategi untuk menarik investor berinvestasi di daerah," kata Rupinus.

Sedangkan untuk melakukan perencanaan, dibutuhkan data dan informasi mengenai potensi-potensi daerah sebagai bahan penyusunan strategi, dan pengambilan kebijakan pengembangan investasi di daerah.

"Kabupaten Sekadau yang kaya akan sumberdaya, pastinya memiliki potensi investasi yang potensial untuk dikembangkan," ungkapnya.

Rupinus mengatakan, potensi investasi Kabupaten Sekadau yang tersebar di tujuh kecamatan harus dapat dipetakan dan dikelola untuk dikembangkan. Sehingga dapat meningkatkan investasi Kabupaten Sekadau dimasa yang akan datang.

Salah satu kendala dalam menyusun rencana investasi daerah, yaitu belum tersusunnya data dan informasi yang aktual dan akurat mengenai potensi dan peluang investasi di Kabupaten Sekadau. Sehingga belum diketahui sektor-sektor yang akan menjadi prioritas pengembangan investasi, dan arah pengembangan investasi Kabupaten Sekadau.

"Rapat ini dilaksanakan agar setiap SKPD dapat berkoordinasi, sharing pendapat, mengemukakan kendala yang dihadapi dan mungkin dihadapi kedepannya, serta ide untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Sekadau berdasarkan potensi investasi yang ada," kata Bupati.

Selanjutnya, potensi-potensi yang berpeluang untuk dikembangkan dapat dilakukan pengkajian dan dapat dipublikasikan. Setelah dilaksanakan rapat diharapkan menjadi langkah awal, agar potensi-potensi investasi yang ada di Kabupaten Sekadau dapat dikembangkan secara maksimal. Sehingga akan membawa Kabupaten Sekadau maju, mandiri, dan berdaya saing.(akh/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda