Sekadau post authorel 08 April 2020 1,614

Tiga Warga Sekadau Reaktif Covid-19

Photo of Tiga Warga Sekadau Reaktif Covid-19 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henri Alpius

SEKADAU, SP – Hasil rapid test menunjukkan tiga warga Kabupaten Sekadau reaktif Corona Virus Deseases (Covid-19). Meski belum bisa dipastikan positif Covid-19, namun ketiganya menjalani isolasi ketat.

"Ada enam orang yang kita lakukan rapid test. Hasilnya, tiga orang menunjukkan hasil reaktif," ungkap Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi  disela kegiatan video confren dengan Gubernur Kalbar di ruang kerjanya, Selasa (7/4).

Tiga warga yang reaktif, terang Rupinus, memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19.

"Mereka mengikuti kegiatan diluar Kabupaten Sekadau," ucap Rupinus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henri Alpius menegaskan, tiga orang yang reaktif menurut hasil rapid test, belum tentu positif mengidap Covid-19.

"Sebab hasil rapid test itu akurasinya cuma 70 persen," jelas Henri.

Henri menambahkan, tiga orang tersebut akan dilakukan test lengkap, yakni swab. "Jadi kita akan lakukan test ulang menggunakan swab," tukas Henri. 

Semakin merajalelanya penyebaran Covid-19, upaya pencegahanya harus cepat dan tepat, karena virus tersebut ditularkan oleh penderita yang berasal dari daerah yang sudah terpapar.

Kendati Kabupaten Sekadau memang belum ada yang positif terpapar. Namun, tidak boleh lengah. Jika lengah dan suatu ketika tiba-tiba ada orang baru yang datang ke Sekadau membawa Virus Corona di tubuhnya, maka otomatis Covid-19 sudah ada di Sekadau. “Ini yang harus diwaspadai,” ucapnya.

Untuk mencegah merebaknya Covid-19 di sekadau, Pemkab Sekadau didesak membuat posko pemeriksaan di beberapa wilayah perbatasan dengan kabupaten lain.

“Posko pertama di wilayah Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir. Kemudian di perbatasan dengan Malaysia di Sungai Antu, Bekitang. Lalu batas dengan Sintang di Jalan Sepauk yang arah ke Belitang Hulu,” papar Wakil Ketua DPRD Sekadau, Zainal kepada wartawan, Senin (6/4).

Menurut dia, masing-masing pos diisi tenaga medis. Namun, penentuan berapa tenaga yang ideal dalam satu pos menjadi kewenangan instansi terkait dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sekadau.

“Seandainya ada warga kita yang pulang dari Malaysia, langsung saja dikarantina. Begitu juga dengan warga yang pulang dari wilayah yang sudah terpapar. Ini demi keamanan bersama,” saran Zainal. (akh/yun

Libatkan Relawan Desa

Pemerintah Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir telah membentuk Relawan Penanganan Virus Corona (Covid-19) tingkat desa. Relawan akan langsung melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai aturan. 

"Kita sudah bentuk Tim Relawan Penanganan Covid 19, jumlahnya 29 orang. Dalam waktu dekat akan melaksanakan tugasnya, yaitu penyemprotan massal," ujar Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid. 

Dia memaparkan, memang terdapat warga yang berstatus ODP keluar masuk dusun dan Rukun Tetangga (RT) dalam wilayah Desa Sungai Ringin. "Memang ada yang kategori ODP. Mereka tetap dalam pemantauan. Kita harap negatif Covid-19. Jika sampai positif, kami akan minta Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sekadau melakukan langkah penanganan serius sesuai protap,” paparnya. (akh/yun

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda