Sekadau post authorBob 12 Januari 2021 63

Meminimalisir Risiko Kecelakaan Kerja, Pemkab Lindungi BPASN Sekadau

Photo of Meminimalisir Risiko Kecelakaan Kerja, Pemkab Lindungi BPASN Sekadau SERAHKAN - Wakil Bupati Sekadau Aloysius secara simbolis menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan BPASN Sekadau di Aula Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Selasa (12/1).   Ist

Pegawai Bukan Apartur Sipil Negara (BPASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau kini terlindungi dalam Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan. Selasa (12/1) pagi, BPJS Ketenagakerjaan Sanggau menyerahkan secara simbolis sertifikat dan kartu bersama Pemkab Sekadau.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sanggau, Azwar Syamsu mengatakan, Program BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang disusun dan diamanahkan negara untuk masyarakat yang memiliki kegiatan ekonomi, baik yang menerima gaji maupun tidak.

Dia menegaskan, seluruh tenaga kontrak dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Sekadau sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, sehingga otomatis mereka telah terlindungi.

“Pada masa pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan memberlakukan relaksasi iuran atau diskon iuran hampir 90 persen,” tukasnya.

Program dalam BPJS Ketenagakerjaan, dijelaskan Azwar, untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja dengan jaminan sosial untuk keluarga dari peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kedepan dia berharap, perangkat desa dan SOPD yang memiliki pekerja teknis di lapangan untuk pelaksanaan proyek fisik, agar kontraktor pelaksana mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Pekerja mandiri seperti UMKM dan petani bisa mendapatkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan iuran yang murah perbulan,” timpal Azwar.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Aloysius mengatakan, sampai saat ini PBASN sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Penyerahan sertifikat dan kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan untuk PBASN untuk memberikan hak-hak tenaga kerja bagi kepesertaan PBASN yang dibiayai oleh Pemkab Sekadau,” papar Wabup Aloysius.

Ditegaskan Wabup, pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan diri para pekerjanya dalam Program BPJS Ketenagakerjaan, untuk memberikan jaminan kesehatan dan kematian dalam proses bekerja.

“PBASN yang telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan diharapkan melaksanakan kewajiban, dan menerima hak sesuai undang-undang,” timpal Wabup.

Simbolis penyerahan kartu dan sertifikat secara simbolis dilakukan Wabup Aloyisus, Pj Sekda Frans Zeno, Kepala BPKAD Iwan Karantika dan Kepala BPJS Sanggau Azwar Syamsu kepada perwakilan PBASN Pemkab Sekadau. Selain itu, juga diserahan simbolis santunan kepada almarhum Niko Dimus, pegawai honorer Kantor Camat Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau yang meninggal dunia.(akh/yun)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda