Sekadau post authorKiwi 23 November 2020 81

Pelipatan 156.592 Surat Suara Pilkada, Kantor dan Gudang KPU Sekadau Dijaga Ketat Aparat Keamanan

Photo of Pelipatan 156.592 Surat Suara Pilkada, Kantor dan Gudang KPU Sekadau Dijaga Ketat Aparat Keamanan PENGECEKAN - Kapolres Sekadau, AKBP K Tri Panungko melakukan pengecekan proses pelipatan surat suara di Kantor KPU Sekadau, Sabtu (21/11).

SEKADAU, SP – Selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22/11), aparat keamanan melakukan penjagaan ketat di Kantor dan Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau. Sebanyak 33 tenaga pelipat dikerahkan untuk melipat 156.592 surat suara Pilkada Sekadau.

Gita Rantau, Komisioner KPU Sekadau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) mengatakan, pelipatan surat suara selama dua hari tersebut melibatkan 33 tenaga pelipat. Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sekadau 2020 sebanyak 156.592 pemilih.

"Untuk surat suara sesuai DPT + 2,5 persen. Sebanyak 2.000 surat suara cadangan untuk PSU. Jadi, KPU Sekadau menerima 162.761 surat suara," kata Gita kepada awak media, Sabtu (21/11).

Sementara itu, Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban menjelaskan, persiapan logistik saat ini hampir 80 persen tersedia. Logistik tersebut disiapkan untuk pemungutan suara pada 9 Desember 2020. 

"Kami sedang melakukan proses pelipatan surat suara dan merakit kotak, serta bilik yang akan kami siapkan untuk pelaksanaan 9 Desember 2020," ucap Saban.

Selain surat suara, kata Saban, pihaknya juga menyiapkan alat pelindung diri (APD). Pihaknya pun memastikan logistik untuk Pilkada Sekadau 2020 sudah disiapkan.

"Kami juga memerlukan dukungan pihak lain, baik pengamanan dari TNI-Polri, masyarakat secara luas, dan Bawaslu yang juga terlibat dalam pengawasan," ujar Saban.

Saban mengimbau masyarakat, untuk menyukseskan Pilkada Sekadau 2020 dengan datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.

"Jangan lupa tanggal 9 Desember 2020, mari kita datang ke TPS. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan," pesannya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP K Tri Panungko melakukan pengecekan proses pelipatan surat suara di Kantor KPU Sekadau. Dia mengatakan, proses pelipatan surat suara dijaga oleh personel Polri. Pengamanan tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Kapuas yang dilakukan Polres Sekadau.

"Kita datang ke Gudang KPU untuk melakukan pengawalan, dan pengamanan proses pelipatan surat suara," ungkap Panungko.

Panungko mengatakan, sejauh ini kondisi logistik di Gudang KPU Sekadau terpantau aman. Penjagaan dilakukan 24 jam oleh petugas keamanan KPU bersama kepolisian.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pilkada Sekadau 2020. Caranya, menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020.

"Jangan ragu dan jangan takut datang ke TPS, tetap ikuti protokol kesehatan. Kita kawal bersama pelaksanaan pilkada, agar berjalan aman dan kondusif," pungkasnya.(akh/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda