Sekadau post authorKiwi 24 September 2020 46

Bupati Sekadau Resmikan Gedung Pelatihan Boti

Photo of Bupati Sekadau Resmikan Gedung Pelatihan Boti PERESMIAN - Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi meresmikan Gedung Pelatihan Desa Boti yang dibangun dengan bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020, Rabu (23/9) pagi.   

SEKADAU, SP - Bersumber dari APBDesa Tahun 2020 dengan pagu dana sebesar Rp 178 juta, Gedung Balai Pelatihan Masyarakat Dusun Tapang Birah, Desa Boti, Kecamatan Sekadau Hulu diresmikan Bupati Sekadau, Rupinus SH MSi, Rabu (23/9) pagi.

Bupati Rupinus menyampaikan, pembangunan yang diprogramkan dan prioritaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau adalah pembangunan desa seperti sekolah, pertanian, dan pengadaan sumber air bersih.

"Silakan diusulkan ke dinas terkait. Kalau tidak ada usulan, kami tidak tahu apa yang menjadi keluhan masyarakat," ucapnya.

Rupinus membantah adanya isu yang menyebutkan, dalam 5 tahun terakhir tidak ada pembangunan alias jalan ditempat.

"Isu seperti itu, sangat keliru. Saya jelaskan kepada bapak ibu, hanya prosesnya saja yang bertahap. Apabila ada yang mengatakan Sekadau tidak ada pembangunan, saya pastikan itu tidak benar dan hoaks," tegas Bupati.

Dia mencontohkan, pembangunan jembatan di Desa Tapang Prodah yang sekarang sudah mantap. Kemudian, jembatan penghubung di Desa Sungai Sambang. Pembangunan tersebut terkendala pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sehingga belum selesai.

“Mudah-mudahan Covid-19 ini cepat berlalu, supaya tahun depan jembatan itu dapat kita selesaikan," ungkap Bupati.

Bupati Rupinus juga menjabarkan mengenai realisasi Dana Desa. Dana Desa formulasinya, 70:30. Artinya, 30 persen untuk fisik dan 70 persen untuk pemberdayaan masyarakat.

"Tahun ini Dana Desa yang 70 persen banyak habis untuk BLT akibat Covid-19. Sehingga para kades tidak bisa berbuat apa-apa,"katanya.(akh/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda