Sekadau post authorKiwi 25 Juni 2020 97

KPU Sekadau Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

Photo of KPU Sekadau Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Ilustrasi

SEKADAU, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau mulai meneruskan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, dengan melaksanakan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan.

“Kami telah melaksanakan beberapa langkah awal terhadap syarat dukungan yang diserahkan pasangan calon perseorangan dengan memverifikasi administrasi jumlah syarat dukungan saat penyerahan kepada KPU,” ungkap Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Gita Rantau, Rabu (24/6).

Adapun syarat dukungan yang telah diverifikasi administrasi saat awal didapati hasil jumlah Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 14.364 dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 1.938.

Pasangan bakal calon perseorangan yang akan diverifikasi syarat dukungan adalah pasangan AYO (Abdul Hamid – Dr. Yovinus M.Si). KPU juga telah melaksanakan pencermatan dan penyandingan syarat dukungan bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terhadap syarat dukungan pasangan AYO dengan hasil MS sebanyak 14.083 dan TMS sebanyak 2.219.

“Syarat dukungan pasangan calon perseorangan pertama akan diverifikasi faktual oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, untuk memastikan syarat dukungan apakah MS atau TMS,” tambah Gita.

Verifikasi faktual akan dilaksanakan selama 14 hari sejak dokumen diterima oleh PPS dengan rentang waktu 24 Juni – 12 Juli 2020.

Sementara itu, bakal calon wakil bupati pasangan AYO, Dr. Yovinus M.Si saat dikonfirmasi terpisah menyatakan, siap memenuhi syarat dukungan yang sudah dibuat dalam undang – undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Terkait masih kurangnya syarat dukungan calon perseorangan di KPU Sekadau yang masih dalam proses tahapan verifikasi faktual, pasangan AYO sudah mengantisipasi hal tersebut.

“Kami sudah menyiapkan syarat dukungan cadangan sebagai pelengkap jika terdapat kekurangan,” ujar Yovinus.

Selaku paslon perseorangan, Yovinus berharap proses verifikasi faktual oleh petugas KPU di lapangan berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur.

Bawaslu Siap Awasi Tahapan

Sejalan dengan tahapan verifikasi faktual  syarat dukungan pasangan calon perseorangan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau juga mempersiapkan pengawasan tahapan ini.

“Pada prinsipnya Bawaslu sudah siap untuk mengawasi tahapan verifikasi faktual,” tegas Teodorus Sutet selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau, Rabu (24/6).

Dijelaskan Sutet, diketahui verfak syarat dukungan bakal calon perseorangan pasangan AYO tersebar di 60 desa, dengan jumlah yang diverfak kurang lebih 14.000 syarat dukungan. Sementara dari segi tenaga pengawas, Bawaslu mengawasi jalannya verfak tersebut.

“Karena masih dalam situasi wabah virus Covid-19, Bawaslu pada tanggal 23 Juni 2020 yang lalu telah menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada para petugas pengawas desa di lapangan, baik Panwascam maupun PPDK.

“Terkait dengan pemetaan, kami sudah memetakan analisis kerawanan selama verfak, yakni 4 aspek yang menjadi penekanan pada titik rawan. Mengingat kurangnya personel kami dalam melakukan pengawasan langsung,” kata Sutet.

Adapun kerawanan yang dimaksud antara lain berdasarkan hasil verifikasi dari dokumen administrasi, daerah perbatasan kabupaten/kota dan kecamatan, kepadatan wilayah, daerah yang belum 100 persen perekaman elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP).

“Kita tetap melakukan pengawasan melekat pada proses verifikasi ini. Kami juga membuka posko pengaduan apabila ada dugaan pelanggaran pada tahapan verfak tersebut,” pungkas Sutet. (akh/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda