Singkawang post authorBob 02 Desember 2021

Tutup Yudha Wastu Pramukha Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama, Danrindam XII/Tpr Pimpin Tradisi Pembaretan Infanteri

Photo of Tutup Yudha Wastu Pramukha Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama, Danrindam XII/Tpr Pimpin Tradisi Pembaretan Infanteri PERIKSA PASUKAN - Darindam XII/Tpr, Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., M.Si., resmi menutup Yudha Wastu Pramukha Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abituren Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2021. Ist

SINGKAWANG, SP - Komandan Resimen Induk (Darindam) XII/Tpr, Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., M.Si., resmi menutup Yudha Wastu Pramukha Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abituren Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2021.

Kegiatan berlangsung di Palm Beach Pak Lotay, Pasir Panjang, Sedau, Kota Singkawang, Rabu (1/12).

Acara ditandai dengan penanggalan tanda latihan dan pemasangan baret serta pemasangan brevet Infanteri oleh Danrindam XII/Tpr kepada perwakilan Tamtama Siswa.

Kemudian dilanjutkan pembacaan Ikrar Infanteri yang diikuti oleh seluruh Tamtama Siswa.

Disampaiakan oleh Danrindam, bahwa Yudha Wastu Pramukha mengandung arti yaitu prajurit Infanteri merupakan pelaksana pertempuran terdepan dan menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran jarak dekat di darat untuk mencari, mendekati dan menghancurkan musuh serta merebut menguasai dan mempertahankan medan.

“Oleh karena itu, dengan disahkannya penggunaan baret Infanteri ini, menuntut para prajurit sekalian untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan fisik dengan didukung semangat juang, jiwa korsa serta kebanggaan yang tinggi terhadap kecabangan Infanteri sebagai bekal pengabdian kepada Bangsa dan Negara tercinta," ujar Danrindam.

Setelah membacakan amanat Danpussenif Kodiklatad, Letnan Jenderal TNI Arif Rahman, M.A., Danrindam XII/Tpr mengatakan kepada Tamtama Siswa yang baru dilantik menjadi seorang prajurit Infanteri bahwa Tradisi Pembaretan dan Penyematan Brevet kualifikasi “Yuddhawastu Pramukha” merupakan suatu pengakuan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi Prajurit Infanteri sebagai “Queen Of Battle".

“Prajurit Infanteri memiliki kemampuan untuk bergerak di setiap bentuk medan pertempuran baik di hutan, gunung, laut, sungai dan pantai," paparnya.

Mencari, mendekati, dan menghancurkan musuh, lanjutnya adalah tugas pokok prajurit Infanteri.

Untuk itu, selalu jaga dan pelihara kebugaran fisik, tingkatkan kemampuan perorangan, kemampuan bernavigasi dan bermanuver dengan taktik dan teknik bertempur, serta tingkatkan kemampuan menembak kalian sebagai prajurit petarung guna menunjang pelaksanaan tugas.

"Dan yang tak kalah penting, pelihara dan tingkatkan mental dan karakter kalian. Senantiasa berdoa dan beribadah agar mendapat ridho Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkas Kolonel Inf Lucky Avianto.

Upacara Penutupan Yudha Wastu Pramuka dan Tradisi Pembaretan Siswa Dikjurtaif Abit Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2021 tersebut Tamtama Siswa juga menampilkan demonstrasi Penyergapan dan Penghancuran Instalasi.

Acara dihadiri oleh Wadan Rindam XII/Tpr, Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma Z.R., S.E., para Kabag dan Dansatdik Rindam XII/Tpr serta para Kadep dan Kasi Rindam XII/Tpr. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda