Singkawang post authorKiwi 04 Januari 2021 33,304

Waduh Parah, Petugas Jaga Lapas Temukan Modus Baru Penyelundupan Narkoba Pakai Kaleng 

Photo of Waduh Parah, Petugas Jaga Lapas Temukan Modus Baru Penyelundupan Narkoba Pakai Kaleng  KALENG NARKOBA - Petugas Lapas menemukan kaleng yang diduga berisi narkoba jenis sabu dan pil ekstasi di sekitar Lapas Kelas II B Singkawang, Kamis (31/12) lalu. 

SINGKAWANG, SP - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singkawang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jelang tutup tahun, Kamis (31/12) lalu. Terbilang unik, karena sabu dan pil ekstasi dalam kaleng akan dimasukkan ke lingkungan Lapas melintasi tembok.

"Saat itu salah seorang petugas sedang berjaga di pos sekitar pukul 10.30 WIB. Petugas pos kemudian melihat sebuah barang melintas melewati benteng luar Lapas, namun tidak dapat melewati tembok lapis kedua Lapas, dan terjatuh ke tanah," kata Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIB Singkawang, Rahman Adi Ramadani, Minggu (2/1).

Setelah dicek oleh petugas, di dalam kantung plastik hitam tersebut ada satu bungkusan berupa kristal putih yang diduga kuat narkoba jenis sabu, dan 7 butir yang dicurigai merupakan pil ekstasi.

“Kantong klip pembungkus sabu beserta kaleng rokok, dan ada batu sebagai pemberat," ujarnya.

Menurutnya, penyelundupan narkoba di Lapas kali ini terbilang unik. Pasalnya, narkoba yang hendak diselundupkan dimasukan dalam sebuah kaleng rokok dan diisi pemberat berupa batu.

Sementara Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Singkawang, Arsyad mengatakan, barang yang ditemukan itu sudah diserahkan ke Polres Singkawang untuk ditindaklanjuti.

"Sudah kita serahkan ke Satresnarkoba Polres Singkawang untuk ditindaklanjuti," katanya.

Dia menegaskan, adanya upaya penyelundupan narkotika di lingkungan Lapas tentunya harus menjadi perhatian bersama. Dia juga telah menginstruksikan kepada seluruh petugas Lapas untuk meningkatkan kewaspadaan, tanggap dan jeli.

"Terutama kepada lalu lintas orang atau barang yang masuk, atau melewati lingkungan Lapas," ujarnya.

Peningkatan kewaspadaan bertujuan untuk meminimalisasi tindakan dan penyelundupan barang haram, terutama narkoba kedalam Lapas.

Tingkatkan Pengawasan

Anggota DPRD Singkawang, Paryanto bersyukur aksi penyelundupan narkoba ke Lapas cepat diketahui. Kedepan, pengawasan dari petugas Lapas harus semakin digencarkan.

"Kalau tidak segera diketahui, tentu barang tersebut bisa lolos dan kemungkinan akan sampai ke narapidana (napi) binaan Lapas, yang juga belum diketahui siapa napi yang dimaksud," katanya.

Karenanya, jajaran Lapas harus lebih ketat dan meningkatkan pengawasan kepada warga binaan, selain perlu meningkatkan pengamanan di lingkungan Lapas.

Menurutnya, penyalahgunaan narkotika sudah merambah kepada anak-anak muda.

"Maka perlu pengawasan dari orangtua kepada anak-anaknya, selain pengawasan  masyarakat. Apabila mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan narkotika, segera laporkan ke pihak kepolisian," ujarnya.(rud/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda