Singkawang post authorKiwi 08 April 2021 52

Dana PEN Rp50 Miliar untuk Pengadaan Mobiler Sekolah

Photo of Dana PEN Rp50 Miliar untuk Pengadaan Mobiler Sekolah Ilustrasi

SINGKAWANG, SP - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, Ahyadi mengungkapkan bahwa pekerjaan kegiatan yang menggunakan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) yang sudah berjalan saat ini adalah pengadaan mobiler untuk SD dan SMP Negeri se-Kota Singkawang. 

"Saat ini sudah dalam tahap pendistribusian, yang mana untuk SD dan SMP pendistribusian mobiler sudah mencapai 100 persen. Sekarang sudah masuk proses perakitan di masing-masing sekolah," kata Ahyadi, Rabu (7/4). 

Sambil berjalan, pihaknya juga sedang mempersiapkan pengadaan multimedia khusus untuk SMP Negeri 4 dan SDN Komplek (2 dan 3) Singkawang, dimana pihak sekolah sedang mempersiapkan perencanaan dan dokumen-dokumen lainnya untuk proses pelelangan. 

Menurutnya, alokasi anggaran yang dikucurkan untuk pendidikan di Kota Singkawang adalah sebesar Rp50 Miliar dari dana PEN. Sedangkan Rp150 Miliar diperuntukkan untuk Dinas PUPR Singkawang. 

Selain digunakan untuk pengadaan mobiler, dana sebesar Rp50 Miliar itu juga akan digunakan untuk membangun unit sekolah baru di SDN Komplek (2 dan 3) Singkawang. Sedangkan di SMP Negeri 4 Singkawang ada tambahan gedung baru. 

"Artinya SDN 2 dan 3 akan dibongkar habis untuk dibangun yang baru. Mudah-mudahan di akhir tahun 2021 pembangunannya sudah selesai," ungkapnya. 

Selama proses pembangunan berjalan, para siswa akan dititipkan ke beberapa sekolah yang terdekat. 

"Mudah-mudahan saja proses perencanaan dan lelangnya cepat selesai," harapnya. 

Tepat Sasaran

Tokoh Pemuda Singkawang, Zaini berharap pemanfaatan dana PEN tepat dan berguna.

“Sehingga upaya pemerintah pusat menggelontorkan dana tersebut tidak sia-sia,” katanya.

Zaini juga berharap ada transparansi penggunaan dana PEN. (rud)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda