Singkawang post authorKiwi 08 Agustus 2020

Pemkot Singkawang Tambah CCTV dan Wifi Gratis di Taman Burung

Photo of Pemkot Singkawang Tambah CCTV dan Wifi Gratis di Taman Burung TAMAN KOTA- Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau kawasan Taman Burung yang akan dijadikan sebagai Taman Kota Singkawang, beberapa waktu lalu.  

SINGKAWANG, SP - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang siap mendukung Program Revitalisasi Taman Burung Kota Singkawang. Dukungan tersebut diantaranya dengan menambah CCTV dan Wifi gratis untuk menunjang kenyamanan pengunjung taman.

"Sebetulnya CCTV di Taman Burung sudah ada, hanya saja baru satu, begitu juga dengan Wifi, hanya saja barangkali kapasitasnya belum cukup,” kata Kepala Diskominfo Kota Singkawang, Ahyadi, Jumat (7/8).

Diskominfo akan berupaya meningkatkan fasilitas di Taman Burung Kota Singkawang, sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dan betah bersantai di Taman Burung, sembari menimati fasilitas gratis yang tersedia.

Sesuai keinginan Wali Kota Singkawang, ujar Ahyadi, Diskominfo Singkawang akan menambah kamera CCTV jenis PTZ 360 derajat.

"Tujuannya untuk keselamatan masyarakat. Kita bisa memantau keamanan di sekitar Taman Burung, sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat terpantau dan terekam di monitor,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie telah melakukan peninjauan untuk rencana penataan di kawasan Taman Burung untuk dijadikan sebagai Taman Kota Singkawang.

Penataan yang dilakukan nantinya, agar bisa dinikmati dan dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi yang indah dan nyaman bagi masyarakat Kota Singkawang, maupun wisatawan yang datang ke Kota Singkawang.

"Mungkin di sekitar Taman Burung ini akan kita tambah lampu-lampu hias, dan kita inginkan tidak ada lagi PKL-PKL yang berjualan di dalam area Taman Burung, supaya orang-orang yang bermain di taman ini benar-benar merasa nyaman," kata Tjhai Chui Mie.

Usai peninjauan, dirinya akan mematangkan rencana penataan ini bersama dinas terkait seperti Perkimta, Dishub dan Perdagangan.

"Dengan penataan yang kita lakukan,  diharapkan masyarakat yang berjualan di sekitar Taman Burung ini dapat menambah hasil penjualannya, tetapi di tempat yang sudah kita siapkan," ujarnya.

Dia menargetkan, penataan Taman Burung Singkawang akan dimulai pada akhir tahun 2020. Apabila belum selesai, bisa dilanjutkan ditahun 2021. Mengingat Sungai Singkawang juga akan dilakukan normalisasi.

"Mengenai normalisasi sungai, juga akan kita rapatkan lagi bersama dinas-dinas terkait, sehingga bisa dengan segera dilakukan," ungkapnya.

Penataan dilakukan karena Wali Kota menginginkan adanya suatu perubahan wajah Singkawang. Sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat Singkawang, maupun wisatawan yang datang ke Kota Singkawang.

Dia berharap, dukungan dari semua masyarakat terutama kepada PKL yang berjualan di sekitar Taman Burung Singkawang.

"Karena kalau sudah kami baguskan tempat ini, sudah barang tentu akan banyak mendatangkan orang. Kalau orang banyak datang, tentu mereka juga akan belanja. Maka dari itu, mereka (PKL) juga harus bekerjasama dengan kita," tuturnya.

Untuk keamanan di sekitar Taman Burung Singkawang, kedepan, Pemkot Singkawang akan men-standby-kan beberapa petugas secara bergantian dan memasang beberapa CCTV.

"Mungkin ada petugas patroli dari Satpol PP di sekitar Taman Burung Singkawang," katanya.(rud/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda