Singkawang post authorBob 12 Juli 2020 66

Singkawang Nihil Kasus Covid-19, Tetap Waspada dan Terapkan Protokol Kesehatan

Photo of Singkawang Nihil Kasus Covid-19, Tetap Waspada dan Terapkan Protokol Kesehatan KETERANGAN PRESS - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang menyampaikan keterangan press mengenai perkembangan Covid-19 di Kota Singkawang, Minggu (12/7).   Ist

"Meski sudah tidak ada kasus, saya tetap selalu mengingatkan kepada masyarakat Kota Singkawang untuk tetap selalu waspada, karena kita belum aman sepenuhnya dari bahaya penularan Covid-19”

Tjhai Chui Mie

Wali Kota Singkawang

SINGKAWANG, SP –Sabtu (11/7), Ruang Isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang sudah kosong. Sebanyak16 pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah dinyatakan sembuh.

"Saat ini PDP yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang yang berasal dari Kota Singkawang, kondisinya sudah kosong," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat menyampaikan keterangan press mengenai perkembangan Covid-19 di Kota Singkawang, Minggu (12/7).

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, kondisi ini patut disyukuri. Selaku kepala daerah sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Singkawang atas kerja keras dan kerjasamanya.

"Meski sudah tidak ada kasus, saya tetap selalu mengingatkan kepada masyarakat Kota Singkawang untuk tetap selalu waspada, karena kita belum aman sepenuhnya dari bahaya penularan Covid-19," ujarnya.

Wali Kota mendapatkan informasi terbaru dari Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Sabtu (11/7) pukul 22.11 WIB, ada satu PDP yang masuk ke Ruang Isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang.

"Satu PDP ini berasal dari Kabupaten Landak," ungkapnya.

Saat ini perlu dipahami, bahwa dalam rangka menuju new normal di Kota Singkawang, bukan berarti pelanggaran, tetapi pendisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari-hari, yaitu dengan selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer, tetap memakai masker dan menjaga jarak untuk mencegah terjadinya gelombang kedua penyebaran Covid-19.

"Saya mengharapkan kerjasama dan dukungan dari kita semua dalam upaya pencegahan, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang," harapnya.

Dia juga mengajak masyarakat Singkawang untuk bergandengan tangan, dan terus menerus berdoa. Semoga pandemi ini cepat berakhir, sehingga masyarakat Singkawang bisa beraktivitas kembali secara normal seperti sediakala.

Kepala Dinas Kesehatan dan KB Singkawang, Barita P Ompusunggu menambahkan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan penguatan protokol kesehatan kepada masyarakat, tidak terkecuali pusat keramaian seperti pasar, kafe, warung kopi dan lokasi lain. 

"Bersama tim gabungan, kita melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan. Itu sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19,” katanya.

Dia kembali menekankan, pentingnya pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun menggunakan air, baik sebelum dan sesudah beraktivitas.

"Jika sakit atau kondisi badan kurang sehat, sebaiknya tidak keluar rumah dan lakukan pemeriksaan ke rumah sakit," pesannya.

Kondisi Pasien Mulai Membaik

Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi mengatakan, satu PDP yang berasal dari Kabupaten Landak berjenis kelamin perempuan berusia 27 tahun, masuk ke RSUD Abdul Aziz Singkawang, Sabtu (11/7) sekitar pukul 22.11 WIB.

"PDP ini dikirim dari Rumah Sakit Umum Harapan Bersama, karena hasil rapid test-nya reaktif," katanya.

PDP ini sempat mengalami penurunan kesadaran dan kejang-kejang. Namun menurut informasi dari petugas Ruang Isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang, saat ini kondisi pasien sudah mengalami perbaikan.

"Tingkat kesadarannya sudah membaik, meskipun kondisinya masih lemah," ujarnya.(rud/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda