Singkawang post authorBob 13 Juli 2020 52

HUT Kemerdekaan RI ke-75 akan Digelar Sederhana, Upacara di Tengah Pandemi Covid-19 di Singkawang

Photo of HUT Kemerdekaan RI ke-75 akan Digelar Sederhana, Upacara di Tengah Pandemi Covid-19 di Singkawang RAKOR - Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Ruang Rapat Bumi Betuah Kantor Wali Kota Singkawang, Jumat (10/7).     Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 di Ruang Rapat Bumi Betuah Kantor Wali Kota Singkawang, Jumat (10/7). Meski sederhana, upacara tahun ini akan digelar ditengah pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Rapat diiikuti Asisten Pemerintahan dan Kesra, unsur TNI, Polri, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan dan KB, PMI, Bagian Pemerintahan dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Singkawang, Heri Apriyadi mengatakan, tahun ini pelaksanaan HUT RI sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Upacara dilaksanakan sederhana dan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” kata Heri.

Dikatakan dia, upacara HUT RI ke-74 di daerah mengikuti pedoman peringatan HUT RI dari Kementerian Sekretariat Negara. Dimana, upacara dilaksanakan di kantor pemerintah dan pelaksanaannya dimulai pukul 07.00 WIB.

"Seperti tahun sebelumnya upacara dilaksanakan bertepatan dengan detik-detik proklamasi, namun di tahun ini upacara dimulai lebih awal, yakni pukul 07.00 WIB,” ujarnya.

Petugas upacara juga lebih sedikit, terdiri dari komandan upacara satu orang, pengibar bendera merah putih tiga orang, MC satu orang, korsik dan peserta upacara sebanyak 20 orang dari unsur TNI dan Polri.

"Upacara hanya dihadiri Wali Kota atau Wakil Wali Kota sebagai Inspektur Upacara, serta petugas upacara yaitu Ketua DPRD (pembacaan Teks Proklamasi), Kepala Kantor Kementerian Agama (pembaca doa), Forkopimda serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Heri, Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta Forkopimda mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi secara virtual di Telematics Control Management (TCM) Room.

"Jadi setelah upacara di Halaman Kantor Wali Kota, kepala daerah dan Forkopimda menyaksikan Upacara Detik-detik Proklamasi secara virtual di TCM Room,” katanya.

Begitu juga dengan upacara penurunan bendera, dimana kepala daerah dan Forkopimda menyaksikan secara virtual.

"Apel Renungan Suci tetap dilaksanakan sedangkan pemberian remisi akan dilaksanakan setelah upacara HUT RI di halaman Kantor Wali Kota,” jelasnya.(rud/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda