Singkawang post authorKiwi 14 September 2021

Tujuh Langkah Sekolah Menyenangkan Masa Pandemi Covid-19

Photo of Tujuh Langkah Sekolah Menyenangkan Masa Pandemi Covid-19 Ilustrasi

SINGKAWANG, SP - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang meluncurkan program tujuh langkah sekolah menyenangkan di masa pandemi Covid-19.

"Program ini harus kita laksanakan karena kunci utama untuk penyelenggaraan pendidikan dimulai dari komitmen bersama akan kebersihan bagaimana menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan," kata Kepala Disdikbud Singkawang, Asmadi, Senin (13/9). 

Menurutnya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan, maka dimulai dari, pertama, berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan 5M.

"Sehingga, dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, kita terus melaksanakan aktivitas kegiatan pendidikan di sekolah dengan tetap menerapkan prokes 5M secara ketat," ujarnya.

Kemudian, memastikan bahwa lingkungan sekolah itu adalah lingkungan yang bersih, sehat dan Asri. Untuk mewujudkan itu, maka dimulai dari perilaku hidup bersih dan sehat dari individu/insan-insan yang ada di satuan pendidikan.

"Seperti guru, siswa, komite sekolah, paguyuban maupun orang tua siswa," ungkapnya.

Dua, penataan lingkungan sekolah yang bersih dan Asri. Tiga, penguatan pendidikan karakter dengan pelaksanaan nilai agaa di lingkungan sekolah sesuai agama masing-masing.

Empat, peningkatan kualitas literasi dan numerasi dengan pendekatan Asih, Asuh dan Asah kepada peserta didik dalam rangka mewujudkan sekolah ramah anak.

Lima, menjadikan sekolah Zona Hijau (aman dari Covid-19), bebas narkoba, ngelem dan tindak kekerasan (fisik dan mental).

Enam, memaksimalkan kerjasama dengan orang tua atau paguyuban sekolah, komite sekolah, lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, puskesmas, pengawas pembina, organisasi profesi dan para tokoh masyarakat sesuai konsep manajemen berbasis sekolah (MBS).

Tujuh, merencanakan dan melaksanakan Asesmen Nasional secara sistematis untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah.

"Apabila komitmen bersama ini sudah terbangun maka bukan tidak memungkinkan bisa terwujud sekolah yang menyenangkan untuk mutu pendidikan yang bermartabat menuju Singkawang Hebat," ungkapnya. (rud)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda