Singkawang post authorKiwi 13 Oktober 2021

PKM Polnep di Daerah Wisata Batu Belimbing, Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Membatik

Photo of PKM Polnep di Daerah Wisata Batu Belimbing, Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Membatik Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Polnep melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di daerah Wisata Batu Belimbing, Kelurahan Nyarumkop, Kota Singkawang pada 4 September 2021 lalu.

SINGKAWANG, SP - Pandemi Covid-19 telah melanda dunia hingga sampai saat ini. Segala aspek kehidupan, termasuk aspek perekonomian masyarakat, terdampak. Tidak sedikit masyarakat menghadapi risiko kekurangan pendapatan, bahkan kehilangan mata pencaharian.

Salah satu kawasan yang terkena dampaknya adalah Wisata Batu Belimbing, Kelurahan Nyarumkop, Kota Singkawang.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri (Polnep), Mahendra Jaya mengatakan, kondisi yang terjadi pada Desa Wisata Batu Belimbing yaitu rendahnya pendapatan masyarakat Nyarumkop karena pandemi.

Guna mengaktifkan kembali lembaga kemasyarakatan di desa itu, Jurusan Administrasi Bisnis Polnep mendirikan bidang usaha di lingkungan daerah wisata Batu Belimbing dengan melakukan penyuluhan mengenai peningkatan ekonomi di bidang usaha pariwisata yang dilaksanakan pada Sabtu, 4 September 2021 lalu.

Program yang diketuai Mahendra Jaya dan para anggota di antaranya Ismail Umar, Edy Sutrisno, Novi Desanti, Anggita, Laila Nurfitrah Lubis dan Debbie Yuari Siallagan itu mendapat dukungan Lurah Nyarumkop, Hartaya.

Hartaya turut serta mendampingi para anggota masyarakat dalam mengikuti penyuluhan itu.

“Peningkatan ekonomi masyarakat di daerah Wisata Batu Belimbing sudah dilakukan melalui berbagai kegiatan di antaranya pelatihan keterampilan membatik yang dipandu oleh Priska Yeniriatno, Pegiat Ekonomi Kreatif di Kota Singkawang,” kata Mahendra, kemarin.

Kelompok PKM Polnep berkolaborasi dengan rumah batik yang sudah menghasilkan produk berupa kain batik. Kegiatan lainnya yaitu peningkatan nilai jual produk kerajinan batik dalam upaya peningkatan ekonomi berupa di bidang kewirausahaan, serta masyarakat diajak untuk mengembangkan ide-ide yang bisa menjadi potensi usaha lainnya untuk dikembangkan di daerah Wisata Batu Belimbing.

“Penyuluhan peningkatan ekonomi ini sangat berdampak bagi masyarakat Desa Wisata Batu Belimbing yaitu masyarakat memiliki keterampilan dalam membatik yang nantinya bisa dijual dan dapat menambah pendapatan mereka,” ujar Mahendra.

Pada kegiatan pelatihan dan penyuluhan tersebut, Tim PKM Polnep bersama narasumber membantu memberikan solusi dalam permasalahan yang ditemukan masyarakat ketika ingin membangun usaha baru guna meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah Wisata Batu Belimbing.

“Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan ini. Berdasarkan hasil kuisioner yang diberikan anggota PKM, seluruh  peserta ingin tetap melanjutkan dan membagikan informasi yang diperoleh kepada masyarakat desa lainnya,” ungkap Mahendra.

Selain mengadakan pelatihan dan penyuluhan, Tim PKM Polnep juga memberikan bantuan berupa display wood rack yang diharapkan bisa membantu usaha yang dihasilkan oleh masyarakat Wisata Batu Belimbing. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda