Singkawang post authorKiwi 15 Juni 2024

Lapas Singkawang Berikan Pelatihan Ketrampilan Pertukangan Bagi Narapidana

Photo of Lapas Singkawang Berikan Pelatihan Ketrampilan Pertukangan Bagi Narapidana Giat pembinaan kemandirian keterampilan berupa pelatihan pertukangan bagi narapidana Lapas Singkawang, Jum'at (14/6)

SINGKAWANG,SP - Lapas Kelas IIB Singkawang Kemenkumham Kalimantan Barat memberikan pembinaan kemandirian keterampilan berupa pelatihan pertukangan bagi narapidana, Jum'at (14/6).

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang dan dihadiri oleh Petugas Loka Latihan Kerja (LLK), kasubsi bimbingan kerja, staf pembinaan dan peserta dari narapidana sebanyak 20 orang.

Kepala Lapas Singkawang, Priyo Tri Laksono mengatakan, kegiatan pelatihan kemandirian ini sebagai salah satu program pembinaan bagi narapidana di Lapas Singkawang.

Adapun program kemandirian yang diberikan berupa pelatihan pertukangan, hal ini sangat penting dan bisa bermanfaat bagi narapidana agar mereka memiliki ketrampilan dan ketrampilan tersebut yang nantinya bisa dijadikan bekal hidup setelah bebas nantinya.

"Pada kesempatan pelatihan kali ini kita berikan pelatihan pertukangan agar mereka memiliki keterampilan bertukang yang nantinya biaa dijadikan sebagai modal dan bekal hidup bagi dirinya dalam melanjutkan penghidupannya setelah bebas dari Lapas," ujarnya.

Priyo juga menambahkan, pemberian pelatihan ketrampilan kemandirian ini untuk persiapan sebagai kompetensi pada masyarakat luar, yang mana nantinya narapidana yang telah selesai ikut pelatihan akan menerima sertifikat pelatihan.

"Sertifikat pelatihan ini sangat penting untuk mereka sebagai salah satu daya kompetensi ketika melamar atau mencari pekerjaan diluar karena ketrampilan mereka diakui dan bersertifikat," ungkapnya.

Semoga dengan memiliki ketrampilan bersertifikat ini nantinya narapidana akan memiliki ketrampilan dan skill sehingga bisa digunakan untuk bekal diri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan yang paling penting mereka tidak akan mengulangi tindak pidana yang pernah ia lakukan sebelumnya. (rud)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda